Connect with us

Inspirasi Marketing

Perhatikan ini untuk branding Usahamu

Published

on

Didalam membangun sebuah bisnis ada banyak elemen yang harus diperhatikan. Salah satunya jika kita menjual produk tentu juga harus memperhatikan pasar dari produk tersebut. Banyak juga usaha lain menjual produk yang sama dengan produk kita. Saat inilah pemasaran yang tepat sangat di perlukan. Sehingga anda perlu melakukan branding terhadap bisnis anda. Branding merupakan faktor terpenting didalam memasarkan produk.

Namun saat ini, ada banyak UMKM yang melewatkan branding sebagai faktor penting dalam memperkenalkan produknya kepada konsumen. Padahal branding merupakan salah satu cara agar produkmu bisa bersaing dengan kompetitor. Untuk mencapai branding yang baik, kamu harus memperhatikan hal berikut ini:

Dikenal Masyarakat

Ketika berbicara tentang branding, tentu hal yang harus diperhatikan pertama kali ialah kesadaran merk kamu di tengah masyarakat ataupun konsumen anda. Branding yang kreatif dan kuat akan sangat mudah dikenal oleh masyarakat. Ada sangat banyak perusahaan lain yang mirip dengan perusahaan anda. Temukan ciri khas branding dari produk anda agar menjadi pembeda dan mudah dikenali oleh calon konsumen anda. Perlu anda perhatikan nama produk dan logo sebagai tanda maupun simbol langsung dari produk. Semakin unik dan memiliki filosofi yang baik, akan mengacu semakin mudah pula logo anda diingat. Selalu usahakan menggunakan logo yang tetap dan tidak di gonta-ganti.

Branding inspiratif

Disukai Masyarakat

Mengambil perhatian masyarakat dengan branding yang memberikan respon dan emotional positif dari masyarakat merupakan cara kreatif untuk membuat branding anda lebih unik. Keunikan dan berbeda merupakan pokok utama dalam membangun sebuah branding. Keunikan ini juga akan menjadi nilai tambah perusahaan anda dalam bersaing dengan kompetitor. Dengan branding yang kuat juga akan membuat pemasaran anda menjadi lebih efektif. Karena branding merupakan senjata yang kuat dalam promosi.

Jadikan Brand Anda Sebagai Asset

Brand anda merupakan salah satu asset terpenting di dalam perusahaan. Jadi, asset itu bukan hanya dalam bentuk properti dan alat yang dimiliki oleh perusahaan. Bangunlah branding yang bisa tetap berdiri meski bisnis anda sudah mati sekalipun. Oleh karena itu membangun sebuah branding tidak cukup hanya dengan waktu yang singkat. Semua butuh proses dan pelan-pelan tapi pasti. Anggap anda berinvestasi dalam membangun branding, sehingga tidak akan ada yang menjadi sia-sia.

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi Marketing

Apa itu Digital Marketing untuk UMKM?

Published

on

By

Pastinya setiap hari, anda sangat sering menemukan istilah Digital campaign ataupun Digital Marketing, apalagi anda adalah seorang pelaku UMKM. Entah itu melalui percakapan di tengah masyarakat ataupun juga melalui media sosial. Apa sih perbedaannya dengan pemasaran biasa ? dan apa pula pentingnya kegunaan Digital Marketing buat usaha? Kapan saatnya anda harus melakukan Digital campaign? Samakah Pemasaran Digital dengan iklan di televisi? Dan juga selama ini anda sering menerima SMS iklan, apa itu juga merupakan Digital Marketing ?

Dengan maraknya penggunaan internet dalam berbagai bidang di kehidupan kini, Digital Marketing sudah menjadi sangat trend dan penting. Pada dasarnya, Digital Marketing merupakan segala bentuk kegiatan pemasaran produk dan jasa dengan menggunakan media digital, terutama Internet, dan termasuk telepon seluler.

Sekarang, Digital Marketing  telah berkembang dari tahun 1990-an, dan merubah strategi marketing perusahaan maupun brand besar menggunakan digitalisasi untuk pemasaran. Sejalan dengan semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan digital marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya, dan semakin bertambahnya pula orang yang berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan yang sangat efisien.

Lalu apa sajakah yang termasuk dalam kategori Digital Marketing? Beberapa di bawah ini termasuk ke dalam Digital Marketing.

Sosial Media Marketing

Platform sosial media sudah sangat populer dengan jumlah pengguna yang juga semakin hari semakin meningkat mencapai milyaran pengguna.

Saat ini, anda dapat menggunakan sosial media, seperti Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya, untuk melakukan pemasaran digital. Pertemanan anda di media sosial merupakan juga audiens anda. Jika saja para followers anda di media sosial dikonversi dengan baik dan efektif, maka bukan tidak mungkin  followers anda di sosial media dapat menjadi konsumen produk dan jasa anda.

Digital Marketing melalui media sosial dapat dilakukan dengan dua cara ini:

  • Beriklan di platform sosial media dengan berbayar. Ada banyak platform media sosial menawarkan fitur iklan berbayar kepada para penggunanya. Anda dapat langsung memasang iklan di sosial media dengan melakukan segmentasi audiens, contohnya berdasarkan demografi, lokasi tempat tinggal, minat, dan sebagainya.
  • Membuat konten agar mendapatkan, mempertahankan, dan menambah followers secara organik. Selain menlalui iklan berbayar di sosial media, anda juga dapat menggunakan content marketing untuk mendapatkan, mempertahankan, dan menambah followers secara organik. Anda hanya tinggal menyesuaikan saja konten kepada target dari bisnis anda.

Continue Reading

Trending