Company profile pada sebuah perusahaan merupakan laporan secara garis besar yang menggambarkan kondisi bisnis dari awal didirikan, di masa kini dan di masa yang akan mendatang. Perusahaan resmi yang sudah terdaftar, biasanya mempunyai profile perusahaan yang dapat ditemukan pada situs resmi perusahaan.
Sebenarnya untuk membuat sebuah profile perusahaan tidak perlu menggunakan banyak data hingga menghasilkan banyaknya halaman, cukup satu halaman yang padat, jelas dan lengkap maka siapa pun yang membaca akan mengerti dan memahaminya, karena pada umumnya suatu profile perusahaan memang harus bersifat informative dan juga representative.
Sekarang ini banyak company profile dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan nilai jualnya, ada yang berbentuk website, video, cetak bahkan company profile interaktif. Format dari profile perusahaan A dan perusahaan B bisa jadi sama ataupun berbeda, tergantung dari tujuan perusahaan itu ingin menampilkan seperti apa pada profile perusahaan.
Meskipun begitu, pada umumnya company profile akan menampilkan informasi yang sangat penting termasuk kontak perusahaan alamat email, bahkan beberapa perusahaan tidak akan segan untuk mengulas profile CEO berbakat yang dimiliki.
Nah, berikut ini 3 fungsi utama suatu badan usaha untuk menyusun company profil perusahaan. Yuk, simak ulasannya!
1. Media Komunikasi
Konsep komunikasi perusahaan dengan seseorang secara personal tentunya sangat berbeda-beda, Karena, tidak mungkin suatu perusahaan hanya memperkenalkan perusahaannya dengan menggunakan cara yang biasa-biasa saja, setidaknya harus ada beberapa poin yang menegaskan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan.
Company profile perusahaan akan menjadi media komunikasi terbaik bagi perusahaan kepada semua pihak yang membutuhkan.
Dengan adanya profile perusahaan, investor dapat menilai dengan lebih cepat dan terarah selain melakukan penilaian di lapangan.
2. Memberikan sumber Informasi
Salah satu dari fungsi utama yang membuat sebuah perusahaan memutuskan untuk menyusun profile perusahaan adalah untuk memberikan sebuah informasi secara lengkap.
Informasi yang akan diberikan bukanlah informasi sepele, melainkan sebuah informasi yang dikemas bertujuan untuk menunjukan power yang dimiliki suatu perusahaan karena tujuan paling utamanya adalah menarik perhatian investor dari luar.
Contohnya pabrik yang menjalankan bisnis Tas Branded, company profile akan menekankan pada penjelasan produk-produk tas terpopuler yang pernah diproduksi, kualitas tas, klien yang pernah melakukan kerjasama dan kelebihan lain yang hanya dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Pada bagian awal mungkin akan sedikit dijelaskan tentang background sejarah pabrik tas didirikan dan orang-orang yang mempunyai peranan penting terhadap perusahaan.
3. Teknik Marketing Dari Berbagai Segi
Setiap perusahaan pada umumnya hampir mempunyai company profile website ataupun cetak, tetapi tidak sedikit pula yang tertarik untuk menggunakan bentuk video.
Setiap bentuk profile perusahaan mengandung isi yang sama dengan teknik penyampaian yang telah disempurnakan.
Pada zaman modern ini, memiliki profile perusahaan dalam bentuk video bukanlah hal yang baru, karena media yang satu ini dinilai jauh lebih efektif dari pada media lainnya, semua orang hanya perlu menonton video untuk memahami profile perusahaan secara keseluruhannya.
Profile perusahaan dalam bentuk website, cetak maupun video akan menjadi teknik marketing yang sangat jitu untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki perusahaan ke semua kalangan, dengan memberikan sebuah penekanan pada kualitas dan kelebihan-kelebihan produk atau jasa yang akan diberikan.
Terlebih lagi kini ada banyak penyedia jasa pembuatan profile perusahaan yang mampu menghasilkan profile perusahaan dalam berbagai macam bentuk, tidak hanya bentuk website atau cetak saja, namun dibentuk dengan versi video yang lebih menarik.
Nah, itulah tiga fungsi utama suatu badan usaha untuk menyusun company profil perusahaan. Namun, jika suatu profile perusahaan tidak mengandung tiga fungsi utama tersebut, maka perlu untuk dipertanyakan kualitas dari profile perusahaan yang telah dibuat tersebut.