Connect with us

Inspirasi Wisata

Desa Wisata yang Harus Kamu Kunjungi di Riau

Pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terkena dampak dari pandemi Covid-19. Saat ini pariwisata khususnya di Indonesia, mulai kembali bangkit untuk mendapat  kunjungan wisatawan. Selain di kenal akan perkebunan sawitnya, Provinsi Riau juga terkenal beberapa desa wisatanya yang indah.

Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk memulihkan ekonomi dari sektor pariwisata dengan cara mengembangkan desa wisata. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa, trend wisata saat pandemi ini berubah.

Kali ini, kami punya rekomendasi buat kamu tentang Desa Wisata yang wajib kamu kunjungi yang ada di Provinsi Riau. Mau tahu? Yuk kita simak bersama-sama ya!

 

DESA WISATA KAMPUNG PATIN

Pada kesempatan kali ini Kemenparekraf memberi apresiasi kepada 20 perguruan tinggi yang telah melakukan pelatihan dan pendampingan. Tercatat pada peringkat satu adalah Sekolah Tinggi Pariwisata ( STP) Riau yang telah melakukan pelatihan dan pendampingan di Koto Masjid.

Salah satu desa wisata yang wajib kamu kunjungi adalah Desa wisata Kampung Patin, Di kampung ini semua rumah memiliki kolam ikan. Kampung Patin ini dulunya adalah salah satu desa yang ditenggelamkan karena dibangunnya PLTA Koto Panjang. Warganya dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi dan sekarang bernama Koto Mesjid.

Di kampung ini tersedia 30 homestay, Jadi wisatawan tak perlu bingung apabila ingin bermalam di tempat ini. Sudah disiapkan pula pemandu wisata yang memiliki sertifikat atau telah tersertifikasi, sehingga bisa menjadi pemandu untuk mengeksplor tempat-tempat menarik di Kampung Patin.

Untuk kulinernya itu sendiri, sebagai Kampung Patin menyajikan makanan yang berbahan dasar dari ikan patin. Olahan dan produk yang dibuat pun bermacam-macam seperti otak-otak, nugget, keripik ikan, mpek-mpek patin, dan burger patin. Untuk wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas dari Kampung Patin juga terdapat banyak sekali souvenir yang dibuat langsung oleh masyarakat sekitar.

Yang menarik perhatian bukan hanya di desa wisatanya saja, tapi juga disekitaran Kampung Patin juga terdapat Sungai Gagak. Salah satu sungai yang terdapat air terjun yang indah. Selain itu, bagi para wisatawan yang suka dengan spot instagramable bisa langsung ke Puncak Kompe. Puncak ini terdapat di atas waduk PLTA Kota Panjang. 

 

DESA WISATA OKURA

Sebuah desa bisa dijadikan sebagai desa wisata yang menarik untuk kita kunjungi, seperti halnya yang dilakukan pemerintah kota Pekanbaru yang menjadikan sebuah desa wisata yang dikenal dengan Desa Okura. Desa ini berada di Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Sebenarnya Okura merupakan sebuah kelurahan, namun agar lebih menarik dan mudah disebut saja sebagai desa Wisata Okura. Kelurahan Okura ini berada di pinggiran yang berbatasan dengan Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Riau, mempunyai kawasan agrowisata dengan aneka tumbuhan produktif. Tak hanya itu, di Kelurahan Okura juga terdapat aliran Sungai Siak yang bisa dijadikan sebagai obyek memancing bagi wisatawan atau warga pada akhir pekan. Pihak Pemerintah kota Pekanbaru telah melakukan penataan di Okura seperti jalan masuk perkampungan penduduk dan jembatan yang menghubungan Okura dengan Kabupaten Siak.

Untuk kamu yang rindu menikmati suasana desa yang sebenarnya, Desa Okura bisa kamu jadikan pilihan untuk mengobati rasa rindu tersebut. Desa Wisata kali ini menghadirkan suasana pedesaan yang sebenarnya lewat lingkungan alamnya yang masih terjaga serta kehidupan masyarakat yang masih menjaga nilai-nilai leluhur. Meskipun nama desa ini berbau Jepang, namun tidak ada sedikitpun keterkaitan antara Desa Okura  dengan Negeri Matahari Terbit dan juga tidak ada berpengaruh Jepang di negeri ini kecuali dari beberapa jenis ottomotif dan alat elektronik.

Apabila kamu berkunjung ke desa ini, mata akan dimanjakan dengan indahnya alam dan juga bisa menikmati berbagai aktifitas seru baik itu sendiri atau ditemani masyarakat sekitar. Bagi kamu yang suka memancing, bisa menyewa sampan dari para nelayan untuk mengarungi sungai. Hasil dari memancing bisa dibawa pulang atau dimasak sendiri saat melakukan camping di lokasi. Dan juga bisa meminta tolong kepada warga desa untuk membantu memasaknya.

Bukan hanya itu, ada juga tempat penyewaan sepeda untuk wisatawan yang ingin mengelilingi atau berpetualang menyusuri rimbunan pohon sagu dan sawit, permainan memanah serta kegiatan menunggang kuda yang memberi kesan tersendiri. Di desa ini juga menyuguhkan jenis permainan modern seperti downhill, airsoft gun, berenang, paintball serta motocross yang sudah disediakan ditempat tersendiri agar tidak mengganggu suasana desa yang damai.

Di sini tersedia objek wisata kebun bunga yang diberi nama “Taman Bunga Impian Okura”. Taman yang memiliki lahan seluas 2 hektar tersebut dibudidayakan dengan cara bergotong royong oleh masyarakat sekitar yang dikomandoi para pemuda.

Di Taman Bunga Impian Okura, berbagai jenis tanaman bunga ditanam, bahkan beberapa diantaranya ditata membentuk ornamen-ornamen yang sangat unik dan menarik sehingga terlihat instagenic utuk dijadikan  latar belakang foto. Lebih menarik lagi, wisatawan dapat berkunjung ke Desa Wisata ini dengan gratis tanpa membayar sepeserpun, kecuali untuk menyewa sepeda, sampan, kuda atau memanfaatkan jasa penduduk yang ramah dalam menyambut pengunjung yang datang.

 

Nah, ini dia rekomendasi Desa Wisata yang ada di provinsi Riau yang wajib kamu kunjungi apabila sedang berkunjung ke Provinsi Riau. Jadi desa wisata yang mana dulu yang ingin Sahabat Inspiratif kunjungi jika berkesempatan berkunjung ke provinsi Riau?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi Wisata

5 RESTORAN UNIK & INSTAGRAMABLE DI INDONESIA

Saat ini tujuan orang pergi ke restoran semakin berubah, bukan hanya menikmati makananannya yang lezat saja tetapi restoran juga di jadikan tempat untuk berfoto-foto.

Sekarang banyak tempat makan yang muncul masing-masing menawarkan menu makanan maupun minuman yang enak untuk menarik perhatian pengunjung.

Tak berhenti sampai di situ saja,pihak restoran pun melakukan strategi lain dengan menawarkan sesuatu yang berbeda, contohnya dengan membuat desain ruangan yang menarik agar pengunjung semakin betah.

Cara ini sangat tepat, karena saat ini orang senang berfoto-foto di restoran. Untuk Kamu ingin memuaskan selera makan sekaligus mengambil foto-foto yang Instagramable, Berikut beberapa restoran unik dan instagramable. Yuk, simak ulasannya !

 

  1. RUMAH MAKAN INGGIL MALANG

Malang bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya saja, tetapi juga dengan kelezatan kulinernya. Rumah makan Inggil adalah salah satu rumah makan legendaris yang harus dikunjungi.
Keunikan nya terletak pada konsepnya yang mirip museum. Di sini juga dipajang berbagai macam benda antik seperti senjata, jam kuno, mesin ketik, aneka perabotan, topeng-topeng tradisional Jawa, sampai foto-foto hitam putih dari masa lalu.

Rumah ini berlokasi di Jalan Gajah Mada nomor 4, Malang, selain melihat koleksi barang antik di rumah makan ini, pengunjung juga akan dihibur dengan pertunjukan kesenian Jawa. Bisa kamu bayangkan bagaimana nikmatnya menikmati kuliner khas Jawa yang lezat seperti mie goreng jawa, sate ayam, atau ayam bakar yang ada di tempat ini.

 

  1. FRANKENSTEIN’S LABORATORY BALI

Restoran unik selanjutnya berada di Jalan Camplung Tanduk nomor 6, Seminyak, Bali, apabila kamu berkunjung ke restoran ini kamu seperti sedang mendatangi pesta bertema Halloween. Karena, selain ruangan yang dibuat mirip dengan laboratorium, para waiternya pun berdandan menggunakan kostum dan dandanan yang lumayan membuat kita merinding.

Bukan hanya itu saja, ada yang lebih unik lagi yaitu minuman yang dipesan akan disajikan di wadah-wadah yang berbeda dari biasanya, seperti gelas ukur, gelas kimia, jarum suntik, labu berbentuk kerucut, atau kantung berisi racikan minuman yang menyegarkan.

selain itu jangan lupa untuk mencicipi menu-menu yang mengusung nama-nama seram seperti Bloody Worms, Neck Bolts’n Chips dan Zombie Brain Sliders yang dibanderol Rp 100-Rp 200 ribu.

 

  1. SOSMED CAFE MEDAN

Setiap orang pasti ingin memiliki foto yang kece, pergi ke kafe merupakan salah satu pendorong kamu untuk memiliki foto kece kan?

Nah, Kali ini ada Sosmed Cafe yang berada di Jalan Teuku Umar nomor 3D, Medan yang bisa jadi spot tepat untuk selfie.

Sesuai dengan namanya, kafe ini membuat konsep mengkaitkan interior, menu, hingga tampilan sajian dengan berbagai jenis media sosial seperti Google, Facebook, Instagram, hingga Line.
Sambil berfoto di berbagai spot yang unik, kamu juga bisa menikmati Nasi Campur Twitter Ayam Rendang, Nasi Tim Instagram Ayam Jamur, Nasi Lemak Facebook, hingga minuman Spooky Fog Drink yang unik.

Kamu tidak perlu khawatir dompet bolong, karena di kafe ini menunya dibanderol antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu saja.

 

  1. DAY & NITE EATERY GROCERY BANDUNG

Nah, buat kamu yang lagi berada di bandung, tidak ada salah nya kan untuk berkunjung ke Day & Nite Eatery Grocery. Tempat makan ini berada di dalam Pramestha Resort Town, Jalan Akaza Utama No. 9, Lembang ini, mempunyai konsep yang unik.

Konsepnya menggabungkan nuansa alam dan industrial yang terlihat dari kontainer-kontainer besar sebagai bangunan dan kebun binatang mini yang berisi kelinci, burung, dan angsa. Pengunjung dapat berfoto bersama binatang-binatang ini pada jam 2 siang.

Selain puas menikmati suasana restoran unik ini, Jangan lupa untuk mencicipi menu-menunya seperti Nasi Goreng Ijo Lemak yang jadi favorit karena cita rasanya yang gurih dengan aroma pandan yang harum.

  1. HELLO KITTY CAFE JAKARTA

Selanjutnya adalah Hello Kitty Cafe Jakarta, Siapa sih yang tidak kenal dengan Hello Kitty? Karakter kucing yang menggemaskan ini bukan hanya disukai oleh anak-anak saja tetapi juga orang dewasa. Jadi, tidak heran jika Hello Kitty Cafe yang berlokasi di Ruko Crown Golf nomor 30, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini tidak pernah sepi oleh pengunjung.
Selain interior yang lucu dan menggemaskan, dari kursi kayu yang berpita, patung Hello Kitty berukuran besar, hingga ornamen serba Hello Kitty, menu makanannya pun tidak kalah unik. Mulai dari puding, waffle, cake, aneka minuman, hingga Kitty Slider (burger mini bergambar Hello Kitty) yang bikin sayang kalau sampai digigit.

Nah, apakah kamu sudah tahu mau datang ke restoran mana? Selain berkunjung ke salah satu restoran ini, coba kamu lihat di dekat-dekat tempat tinggalmu, bisa saja ada juga restoran atau kafe yang memiliki konsep yang unik.

Jadi kamu tak perlu jauh-jauh kan, kalau ingin makan dan menikmati suasana yang nyaman dan asik.

Continue Reading

Inspirasi Wisata

5 HOTEL UNIK DI INDONESIA YANG WAJIB KAMU COBA

Khusus untuk kamu yang sering bepergian, apakah pernah merasa bosan menginap di hotel yang sama saja? Hmm, sudah saatnya kamu harus mencoba sensasi menginap di hotel unik yang ada di Indonesia. Selain untuk tempat menginap, hotel-hotel unik ini juga bisa dijadi tempat wisata tersendiri. Ingin tahu hotel unik mana saja yang dapat kamu datangi di Indonesia?  Ini beberapa rekomendasi hotel unik yang ada di Indonesia. Simak ulasan sebagai berikut!

 

Padjajaran Skylodge Purwakarta, Sensasi Bermalam Di Ujung Tebing

Hotel yang memiliki konsep tergantung ini merupakan Hotel gantung pertama di Indonesia ini baru memiliki satu kamar saja. Hotel ini berada di atas ketinggian 500 meter tebing Gunung Parang, Pasanggrahan, Tegal Waru,  Purwakarta, Jawa Barat. Fasilitas yang dimiliki kamar juga sudah sangat lengkap dan memadai layaknya seperti hotel kebanyakan. Untuk menuju ke lokasi kamar, kamu dapat menggunakan tangga besi untuk memanjat.

 

Pacific Palace Hotel Batam, mewahnya menginap di Hotel ala Kapal Pesiar

source:bookingcom

source:bookingcom

Jika kamu ingin mencoba merasakan sensasi menginap di kapal pesiar , kamu bisa mencobanya bermalam di Pacific Palace Hotel di Kota Batam. Lokasinya di Jl. Duyung sei. Jodoh, Kepulauan Riau, Sungai Jodoh, Batu Ampar, Batam
berdekatan dengan terminal kapal feri dan bandara membuat hotel ini wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur ke Batam.

Bentuk bangunan hotel yang dibuat menyerupai kapal pesiar terlihat menjulang gagah di tengah-tengah daratan. Hotel bintang empat ini menawarkan sensasi kemewahan menginap di kapal pesiar untuk kamu, membuat kamu tidak bisa melupakan sensasinya.

 

Bambu Indah Resort, Hotel Yang memiliki Kamar Lantai Kaca Di Atas Kolam

Bambu Indah Resort ini memiliki 15 rumah yang hampir seluruhnya menggunakan material bambu dan kayu. Lokasi resort ini berada di Jalan Banjar Baung, Desa Syan, Ubud, Kab. Gianyar, Bali.

Setiap masing-masing rumah memiliki desain yang unik dan berbeda satu dengan yang lain. Salah satu yang paling unik adalah Rumah Udang yang memiliki lantai kaca dan berdiri di atas permukaan kolam tambak udang. Jadi, kamu dapat melihat dengan jelas kehidupan biota kolam yang unik.

 

The Bubble Hotel Bali Menginap Dalam Gelembung

Hotel yang satu ini berbeda dengan hotel pada umumnya yang memiliki alamat yang jelas, akan tetapi hotel ini memiliki lokasi rahasia yang bisa kamu ketahui setelah selesai melakukan reservasi. Sesuai dengan namanya, menginap di sini berarti kamu akan tinggal di dalam sebuah kamar yang berbentuk seperti gelembung alias bubble.

The Bubble Hotel memberikan kamu sensasi menginap outdoor yang sangat unik. Pemandangan pantai dan langit malam di Bali yang seolah jadi milikmu sendiri menjadi daya tarik utama bermalam di hotel unik yang satu ini.

 

Mentigi Bay Dome Villa Lombok, Hotel Berkubah

Villa unik ini berada di kawasan Pantai Senggigi memiliki bangunan berbentuk kubah batu.  Lokasinya di Malaka, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu villa ini Berada di atas bukit dan menghadap langsung ke pantai sehingga menawarkan pemandangan yang ciamik. Ada beberapa kamar yang memiliki private pool dan balkon yang langsung menghadap kepantai, membuat pemandangan yang lebih indah.

 

Ini lah rekomendasi hotel yang wajib kamu datangi jika kamu menginginkan sensasi yang berbeda dri hotel-hotel pada umumnya.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk menginap di hotel-hotel unik di atas? Untuk informasi saja, sebagian besar hotel di atas memiliki peminat yang tinggi, artinya kamu harus membooking jauh-jauh hari sebelum bermalam di sana.

Continue Reading

Inspirasi Wisata

6 HIDANGAN KHAS MELAYU  RIAU YANG UNIK DAN WAJIB DICOBA

Indonesia bukan hanya negara yang memiliki kekayaan wisata alamnya saja, akan tetapi juga kaya akan citarasa kuliner dari berbagai daerah. Hal ini banyak membuat para wisatawan lokal maupun internasional sering berburu oleh-oleh makanan khas daerah yang di kunjungi ketika berlibur. Dari sekian banyaknya jenis makanan yang ada, makanan khas Melayu yang sering dijumpai di daerah Provinsi Riau maupun Sumatera termasuk pilihan makanan yang tidak boleh dilewatkan. Berikut ini beberapa makanan khas melayu yang wajib kamu cicipi selain makanannya yang unik dan rasnya yang khas.

 

Es Air Mata Pengantin

Saat nya menikmati makanan khas Riau yang bercita rasa manis. Ketika cuaca sedang panas-panasnya paling enak kalo mencari hidangan yang manis dan segar. Maka kamu wajib mencoba es air mata pengantin. Es air mata pengantin ini dikombinasikan dari sirup, biji selasih, blewah dan es batu. Kamu akan merasakan kesegarannya di saat cuaca panas sekalipun.

 

Kue Asidah

Masih banyak makanan khas Riau yang bercita rasa manis yang wajib kamu cicipi. Kue manis yang satu ini terbuat dari campuran bahan cengkeh, kayu manis dan daun pandan. Aroma kue Asidah  ini akan terasa unik karena cita rasa rempah yang kuat. Uniknya, kue Asidah sering dibentuk cantik seperti bentuk daun, bunga, atau bunga mawar.

 

Es Laksamana Mengamuk

Nama hidangan selanjutnya adalah Es Laksamana Mengamuk , hidangan yang satu ini namanya cukup unik didengar, cita rasanya sangat dipengaruhi oleh bahannya yang berbahan dasar buah kuweni. Namanya yang unik ini diambil karena zaman dahulu, ada seorang laksamana mengamuk dan menodongkan pedangnya ke podon buah kuweni sehingga banyak buah kuweni yang berjatuhan. Kemudian buahnya digunakan untuk membuat hidangan manis ini dengan campuran gula, santan, dan es batu.

 

Roti Jala

Hidangan khas melayu Riau selanjutnya adalah Roti jala, hidangan ini memberikan citarasa Melayu yang sangat kental. Biasanya Roti sering menjadi hidangan saat pernikahan. Namun, seiring perkembangan zaman, roti jala bukan hanya digunakan sebagai hidangan pernikahan saja tetapi juga hidangan keluarga yang mampu menghangatkan suasana saat berkumpul dengan anggota keluarga. Roti jala ini berbahan dasara dari gandum. Saat ini roti jala bisa disajikan dengan saus kari, saus durian, atau saus manis.

 

Bolu Kemojo

Makanan selaanjutnya adalah bolu kemojo, Ketika kita melihat sekilas bolu kemojo ini sama seperti bolu kukus pada umumnya. Namun, bolu ini menjadi sangat populer ketika pemilik resep membuka gerai bolu kemojo di era tahun 2000. Bolu kemojo ini sendiri memiliki cita rasa pandan yang cukup kental dan ditambah kelembutan bolu yang lumer dilidah.

 

Kue Bangkit

Saat kita mendengar nama kue ini , mungkin yang pertama kali terlintas dibenak kita yaitu nama yang di identikkan dengan nama pembuatnya. Tetapi kenyataannya, kue ini dikatakan kue bangkit karena setelah keluar dari tempat pemanggangan kue ini akan berubah bentuk menjadi dua kali lebih besar dari adonal awalnya. Kue yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, dan mentega pilihan, kue ini cocok untuk menemani acara kumpul bersama keluarga maupun dijadikan oleh-oleh. Saat dikunyah, tekstur kue yang lembut akan membuat kamu tidak butuh waktu lama untuk menelannya.

Jadi, jika kamu ingin membeli makanan tertentu dengan citarasa Melayu sebagai oleh-oleh, tidak ada salahnya kan mengetahui tempat membeli oleh-olehnya terlebih dahulu, agar Kamu bisa memperkirakan budget sesuai dengan kualitas.

Dan kamu perlu tahu bahwa saat ini banyak makanan khas Melayu yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman, akan tetapi lebih baiknya sebelum membeli pastikan anggota keluarga menyukai oleh-oleh tersebut.

Continue Reading

Trending