Connect with us

Inspirasi UMKM

Cara Menemukan Ide Bisnis yang Baru

Published

on

Untuk menemukan ide bisnis yang baru memang butuh proses dan tahapan yang harus dijalani. Sebenarnya, banyak sekali ide bisnis di sekitar kamu yang bisa dijadikan peluang untuk mengembangkan usaha. Tapi, sebanyak apapun ide yang kamu dapatkan, tidak semua bisa dengan mudah kamu eksekusi menjadi sebuah bisnis. Tidak semua ide bisnis juga dapat menjadi kebutuhan masyarakat dan mereka mau membayar untuk ide bisnismu. Lalui tahapan yang tepat agar ide bisnis yang kamu temukan bisa menjadi peluang usaha yang menghasilkan, seperti tahapan berikut ini.

Luangkan Waktu Untuk Brainstorming

Proses brainstorming ide dapat kamu lakukan sendiri saja atau bersama-sama dengan teman ataupun keluarga. Karena setiap orang bisa saja memiliki ide yang bagus, ataupun bahkan mereka bisa kamu ajak bekerja sama dalam membangun usaha. Lalu, cobalah mengumpulkan sebanyak mungkin data-data permasalahan di sekitarmu untuk dibahas kedalam proses brainstroming.

Tulis semua ide maupun peluang yang didapatkan di papan tulis atau catatan. Jangan lewatkan ide kecil sekalipun, karna kamu belum tau apakah ide itu bagus nantinya atau menjadi pemicu kamu untuk menemukan ide yang lebih baik lagi. Dari hal kecil sekalipun kamu bisa menemukan sesuatu yang amat besar nantinya. Jangan batasi imajinasimu dan lakukan eksplorasi yang lebih jauh lagi dalam menulis ide-ide tersebut.

Temukan Permasalahan di Sekitar

Dimulai dari permasalahan dari produk yang sudah ada namun tidak bekerja dengan optimal. Dari sini kamu akan bisa mulai bereskplorasi mengembangkan permasalahan yang ada ditengah masyarakat. Tanyakan masalah tetangga atau bahkan dalam ruang lingkup yg lebih luas di daerahmu. Lalu kelompokkan permasalahan itu dalam ruang lingkup yang sesuai kategorinya masing-masing. Susun juga berdasarkan tingkat permasalahannya. Dan jangan lupa juga kumpulkan siapa saja yang telah mencoba untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ikuti Perkembangan Tren di Masyarakat

Kamu juga harus update dalam perkembangan tren yang ada ditengah masyrakat saat ini. Tonton banyak video youtube, browsing banyak artikel  dan ikuti banyak seminar baik secara offline maupun online. Kumpulkan segala inovasi dan inspirasi baru yang nanti berguna untuk menjadi bagian dari ide bisnismu. Kelompokkan juga semua inovasi dan inspirasi tren tersebut kedalam kategorinya masing- masing. Melalui pengumpulan tren ini kamu bisa menemukan ide yang belum disadari oleh orang banyak.

Demkian berbagai cara dalam meemukan ide bisnis yang baru yang dapat kamu temukan dan bisa dikembangin menjadi usaha yang kamu inginkan.

Inspirasi UMKM

FUNGSI UTAMA SUATU BADAN USAHA UNTUK MENYUSUN COMPANY PROFILE

Published

on

Company profile pada sebuah perusahaan merupakan laporan secara garis besar yang menggambarkan kondisi bisnis dari awal didirikan, di masa kini dan di masa yang akan mendatang. Perusahaan resmi yang sudah terdaftar, biasanya mempunyai profile perusahaan yang dapat ditemukan pada situs resmi perusahaan.

Sebenarnya untuk membuat sebuah profile perusahaan tidak perlu menggunakan banyak data hingga menghasilkan banyaknya halaman, cukup satu halaman yang padat, jelas dan lengkap maka siapa pun yang membaca akan mengerti dan memahaminya, karena pada umumnya suatu profile perusahaan memang harus bersifat informative dan juga representative.

Sekarang ini banyak company profile dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan nilai jualnya, ada yang berbentuk website, video, cetak bahkan company profile interaktif. Format dari profile perusahaan A dan perusahaan B bisa jadi sama ataupun berbeda, tergantung dari tujuan perusahaan itu ingin menampilkan seperti apa pada profile perusahaan.

Meskipun begitu, pada umumnya company profile akan menampilkan informasi yang sangat penting termasuk kontak perusahaan alamat email, bahkan beberapa perusahaan tidak akan segan untuk mengulas profile CEO berbakat yang dimiliki.

‍Nah, berikut ini 3 fungsi utama suatu badan usaha untuk menyusun company profil perusahaan. Yuk, simak ulasannya!

 

1. Media Komunikasi

Konsep komunikasi perusahaan dengan seseorang secara personal tentunya sangat berbeda-beda, Karena, tidak mungkin suatu perusahaan hanya memperkenalkan perusahaannya dengan menggunakan cara yang biasa-biasa saja, setidaknya harus ada beberapa poin yang menegaskan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan.

Company profile perusahaan akan menjadi media komunikasi terbaik bagi perusahaan kepada semua pihak yang membutuhkan.

Dengan adanya profile perusahaan, investor dapat menilai dengan lebih cepat dan terarah selain melakukan penilaian di lapangan.

 

2. Memberikan sumber Informasi

Salah satu dari fungsi utama yang membuat sebuah perusahaan memutuskan untuk menyusun profile perusahaan adalah untuk memberikan sebuah informasi secara lengkap.

Informasi yang akan diberikan bukanlah informasi sepele, melainkan sebuah informasi yang dikemas bertujuan untuk menunjukan power yang dimiliki suatu perusahaan karena tujuan paling utamanya adalah menarik perhatian investor dari luar.

Contohnya pabrik yang menjalankan bisnis Tas Branded, company profile akan menekankan pada penjelasan produk-produk tas terpopuler yang pernah diproduksi, kualitas tas, klien yang pernah melakukan kerjasama dan kelebihan lain yang hanya dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Pada bagian awal mungkin akan sedikit dijelaskan tentang background sejarah pabrik tas didirikan dan orang-orang yang mempunyai peranan penting terhadap perusahaan.

 

3. Teknik Marketing Dari Berbagai Segi

Setiap perusahaan pada umumnya hampir mempunyai company profile website ataupun cetak, tetapi tidak sedikit pula yang tertarik untuk menggunakan bentuk video.

Setiap bentuk profile perusahaan mengandung isi yang sama dengan teknik penyampaian yang telah disempurnakan.

Pada zaman modern ini, memiliki profile perusahaan dalam bentuk video bukanlah hal yang baru, karena media yang satu ini dinilai jauh lebih efektif dari pada media lainnya, semua orang hanya perlu menonton video untuk memahami profile perusahaan secara keseluruhannya.

Profile perusahaan dalam bentuk website, cetak maupun video akan menjadi teknik marketing yang sangat jitu untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki perusahaan ke semua kalangan, dengan memberikan sebuah penekanan pada kualitas dan kelebihan-kelebihan produk atau jasa yang akan diberikan.

Terlebih lagi kini ada banyak penyedia jasa pembuatan profile perusahaan yang mampu menghasilkan profile perusahaan dalam berbagai macam bentuk, tidak hanya bentuk website atau cetak saja, namun dibentuk dengan versi video yang lebih menarik.

Nah, itulah tiga fungsi utama suatu badan usaha untuk menyusun company profil perusahaan. Namun, jika suatu profile perusahaan tidak mengandung tiga fungsi utama tersebut, maka perlu untuk dipertanyakan kualitas dari profile perusahaan yang telah dibuat tersebut.

 

Continue Reading

Inspirasi UMKM

5 JENIS USAHA MAKANAN YANG LARIS DI PINGGIR JALAN

Published

on

Mungkin banyak yang bertanya-tanya ide usaha makanan apa sih yang kekinian, unik dan laris untuk dijual di pinggir jalan? Menjual makanan dipinggir jalan bisa menjadi pilihan yang menarik untuk sebagian orang yang ingin memulai membuka bisnis kuliner. Sebab, dengan modal kecil tetapi mendapatkan potensi pembeli yang banyak. Bukannya tidak mungkin seorang pedagang makanan di pinggir jalan akan menjadi seorang pebisnis yang sukses di masa yang akan datang.

Namun, persaingan untuk makanan sejenis tidaklah sedikit, bahkan di berbagai jalan utama apalagi di daerah kota-kota besar, ada banyak sekali pedagang kaki lima yang menawarkan makanan di setiap jengkal jalan dengan jenis makanan yang sama.

Oleh sebab itu, kamu perlu mencermati dan berhati-hati memilih jenis makanan apa yang paling laris di pinggir jalan di tengah persaingan pasar yang sangat keras. Kamu dapat melakukan pemilihan jenis makanan seperti keunikannya atau keunggulan dari makanan yang ditawarkan, harganya yang bersahabat, dan cita rasanya yang baik akan menjadi kunci meraih keberhasilan dalam bisnis kuliner di pinggir jalan.

Berikut beberapa rekomendasi jenis usaha kuliner yang paling laris di pinggir jalan. Yuk, Simak ulasan berikut ini!

 

1.   Telur Gulung

Nah, untuk usaha kuliner yang paling laris di pinggir jalan saat ini adalah telur gulung, telur gulung juga selalu menjadi buruan para pembeli dari kalangan segala usia.

Telur gulung mempunyai cita rasa yang khas apalagi harganya yang murah meriah  membuat kuliner telur gulung akan tetap bertahan sebagai jajanan pinggir jalan yang kekinian dan hits. Apalagi kalau kamu mampu memodifikasinya menjadi kuliner yang unik dan menarik.

Persaingan untuk bisnis yang satu ini sangat tinggi sehingga membuat para pedagang harus cermat dalam memodifikasi dagangannya menjadi sesuatu yang unik dan menarik perhatian. Misalnya telur gulung mozzarella yaitu telur gulung yang di modifikasi dengan lelehan keju mozzarella. Sama seperti ayam geprek dan martabak yang kini sudah di modifikasi dengan lelehan keju mozzarella. Jadi bisa saja telur gulung juga menjadi jajanan yang hits dan diburu dengan tambahan topping berupa lelehan keju mozzarella. Tertarik untuk mencobanya?

 

2.   Jamur Goreng Krispi

Makanan yang laris di pinggir jalan selanjutnya adalah jamur goreng krispi. Jamur goreng krispi ini mempunyai cita rasa yang gurih dan krispi jika disajikan dengan cocolan saus cabai atau tomat.

Jajanan kekinian yang satu ini memiliki margin keuntungan yang sangat besar, karena per-gram jamur mentah dapat menghasilkan gorengan jamur krispi yang banyak. Untuk kemasannya, kamu bisa menggunakan kemasan kantong plastik atau di jual dalam satuan gram tergantung dengan kondisi daerah tempat kamu nantinya.

 

3.   Bakso Mercon Beranak

Siapa sih disini yang tidak suka bakso? Jajanan pinggir jalan yang legendaris satu ini sudah ada sejak zaman dulu dan masih tetap bertahan sampai sekarang dan tidak pernah hilang walaupun banyak usaha kuliner pendatang baru yang tidak kalah hits juga.

Bakso selalu menjadi buruan setiap orang , baik tua maupun muda, mau itu dari kalangan elit sampai orang biasa menyukai bakso. Karena kuliner yang satu ini memang sudah menjadi hidangan favorit seluruh rakyat Indonesia.

Tidak heran kalau usaha bakso juga memiliki tingkat persaingan pasar yang sangat tinggi karena banyaknya usaha yang serupa atau sama. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena dengan sedikit modifikasi, usaha bisnis kamu akan sangat berbeda , unik dan pastinya tetap banyak peminatnya.

Kamu tinggal membuat konsep seperti bakso mercon beranak, yaitu bakso yang berukuran besar yang di dalamnya berisi cabai pedas, bakso-bakso kecil dan telur puyuh atau telur ayam. Maka bisnis kamu akan berbeda dengan usaha sejenis dan karena keunikannya bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung.

 

4.   Hotdog Kentang (Hottang)

Jenis usaha makanan laris di pinggir jalan selanjutnya adalah Hottang atau hotdog kentang makanan pinggir jalan ala-ala Korea yang saat ini sangat booming di Indonesia karena selain rasanya yang enak dan bentuknya yang unik.

Jajanan pinggir jalan yang satu ini memiliki pesaing pasar yang cukup sedikit walaupun peminatnya sangat banyak. Jadi sangat cocok untuk dijadikan bisnis makanan yang laris di pinggir jalan untuk kamu.

Bukan hanya unik, tetapi hotdog kentang ini memiliki resep yang mudah di buat dan memiliki keuntungan yang cukup tinggi, apalagi makanan ini sudah sangat viral di kalangan masyarakat, tentu saja tidak akan sulit untuk memulai bisnis makanan laris dipinggir jalan yang satu ini.

 

5. Takoyaki

Jenis usaha makanan yang laris di pinggir jalan terakhir yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk bisnis adalah jualan takoyaki.

Tekoyaki merupakan jajanan pinggir jalan yang unik dan belum terlalu banyak pesaing pasarnya, takoyaki memiliki cita rasa yang lezat, kaya akan gizi, dan cocok sekali untuk lidah orang Indonesia.

Apalagi bisnis tekoyaki ini memiliki keuntungan yang cukup tinggi dan bisnis nya sangat fleksibel. Mulai dari bisnis sendiri sampai usaha franchise juga tersedia untuk usaha jajanan pinggir jalan kekinian yang satu ini.

Nah, inilah 5 jenis usaha makanan yang paling laris di pinggir jalan yang wajib kamu cobain jika kamu ingin memulai usaha untuk membantu keuanganmu pada masa pandemi covid-19 ini , tetapi tetap menjalankan protocol kesehatan ya sahabat Inspiratif. Tertarik untuk mencoba?

 

 

 

Continue Reading

Inspirasi UMKM

5 BISNIS FASHION WANITA YANG PALING DIMINATI

Published

on

Pada zaman modern sekarang ini, bisnis fashion wanita merupakan salah satu bisnis yang akan terus berkembang dari masa ke masa karna banyak sekali kaum wanita yang sangat peduli dengan penampilannya sehingga pasar untuk bisnis fashion wanita ini memiliki pasar yang cukup luas.

Apalagi saat ini, berpenampilan modis merupakan salah satu keharusan bagi kaum hawa , sehingga mereka diharuskan untuk selalu up to date tentang fashion yang dikenakan. Hal inilah yang tentunya menjadi peluang bisnis fashion wanita yang dapat menguntungkan, belum lagi banyak wanita yang juga ingin menjadi seorang fashionpreneur.

Nah, untuk menjadi seorang pebisnis fashion yang sukses kita harus mengikuti perkembangan minat fashion itu sendiri. Menjual pakaian yang sedang diminati adalah salah satu kunci dari suksesnya bisnis fashion wanita tersebut. Berikut ini ada 5 bisnis fashion wanita yang paling diminati. Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

 

Pertama, Baju Piyama

Bisnis fashion wanita yang satu ini adalah baju piyama, baju piyama tidak hanya digunakan untuk tidur di malam hari saja . Tren sudah  membuktikan bahwa baju piyama bisa digunakan untuk keluar rumah, ke mall, jalan-jalan dan lain sebagainya. Bahkan banyak artis yang menggunkan baju piyama untuk berpergian keluar rumah. Pastikan kamu meyediakan baju piyama dengan berbagai motif , warna serta bahan yang nyaman.

 

Kedua, Fashion Hijab

Fashion wanita Indonesia yang sedang tren adalah berhijab. Fashion hijab ini merupakan potensi pasar yang paling dominan, jika dibandingkan dengan item lainnya. Kalau kamu memulai bisnis fashion hijab ini ,tentunya akan banyak mendatangkan keuntungan untuk kamu, belum lagi jika kamu berjualan dan melakukan promosi di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan Ramadhan, Idul Fitri, tahun baru, dan moment lainnya. Tetapi jangan lupa saat ingin membuka bisnis fashion hijab ini pastikan selalu mencari model hijab dan pakaian yang sedang tren.

 

Ketiga, Baju Kebaya siap pakai

Selain bisnis pakaian wanita berhijab, baju kebaya yang siap pakai ternyata juga sangat diminati oleh kaum hawa. Karena, Ada beberapa kegiatan yang harus menggunakan pakaian kebaya, ternyata bisnis ini memberikan peluang yang cukup menguntungkan bagi kamu pebisnis fashion wanita. Dan jangan lupa kamu pastikan menjual semua size untuk pakaian kebaya ini. supaya, semua pelanggan wanita bisa menikmatinya.

 

Keempat, Pakaian pantai

Nah, Bisnis fashion wanita selanjutnya adalah menjual pakaian pantai atau pakaian beachwear seperti jenis bikini hingga one piece. Bukan hanya itu, baju renang untuk wanita berhijab juga kini sudah banyak diminati. Tapi kamu jangan lupa untuk melengkapi produk ini dengan topi, kacamata hingga aksesoris ke pantai lainnya yang membuat pelanggan tertarik.

 

Kelima, Nursing Wear

Untuk bisnis fashion yang terakhir adalah Nursing wear, yang merupakan fashion item wanita yang sifatnya mudah untuk wanita melakukan aktifitas, seperti menyusui anak. Pakaian wanita seperti ini biasanya banyak dibuat dari bahan nyaman seperti baby terry, sehingga membuat nyaman dan sangat lembut saat di pakai. Model baju nursing wear ini terdapat bermacam-macam, sehingga tidak terkesan norak dan akan selalu kekinian.

Nah, itulah beberapa jenis bisnis fashion wanita yang paling di minati saat ini. Dan kamu harus selalu pastikan untuk melakukan strategi promosi fashion wanita dengan maksimal dan mendapatkan keuntungan yang maksimal juga. Apakah kamu tertarik untuk mencoba bisnis fashion wanita diatas?

 

Continue Reading

Trending