Connect with us

Inspirator

Siapa Bilang Menulis Itu Susah? Menulis Itu Mudah Jika Lakukan 3 Tips Ini.

Published

on

Inspiratif – Tidak sedikit orang yang ingin menjadi penulis namun sebagian besar dari mereka berhenti pada paragraf pertama atau bahkan sudah tak lagi meneruskan tulisannya pada kata pertama. Banyak dari Mereka yang menyerah dengan alasan tiadanya inspirasi, atau dengan banyak alasan lainnya.

Pada dasarnya sebagian besar penulis tersohor itu sendiri mengalami masalah yang serupa pada saat mereka hendak memulai sebuah tulisan., Hanya bedanya mereka memilih untuk terus melanjutkan kata demi kata, paragraf demi paragraf hingga menjadi sebuah kesatuan utuh. Tentu saja tidak mudah memang, namun tulisan yang bagus juga tidak serta merta bisa dibuat dalam kurun waktu belajar yang singkat. Tidak mudah mudah bukan lah tidak mungkin untuk kita bisa melakukanya. Seperti kata pepatah Jawa yang berbunyi witing tresno soko kulino, dalam konteks ini saya artikan sebagai kita bisa menulis jika seandainya kita membiasakan untuk memulai menulis.

Saya sendiri adalah orang yang memulai semuanya dari Nol Besar. Sama sekali tidak bisa ‘menulis’, bahkan menulis satu paragraf saja masih selalu mentok di kata pertama, dan pada baris kata ketiga hampir selalu dipastikan berhenti, dan mirisnya itu terjadi hingga saya duduk dikelas 3 SMA. Masalahnya yang terjadi selalu sama, hilang rasa jiwa kesatria pada saat ada ujian mengarang Esai di sekolah. Meginjak bangku kuliah saya baru benar-benar memulai untuk menulis.

Mungkin diantara para pembaca juga banyak yang mengalami masalah yang sama dengan kasus yang saya alami dan sebagian besar yang para penulis lain juga alami.

Untuk menjadi penulis yang hebat ada 3 hal yang wajib untuk terus dilakukan.

Setidaknya itu rumus tercepat agar kita bisa cepat menulis.

1. Biasakan Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Membaca adalah sesuatu hal yang harus diagendakan teratur. Bila perlu anda memang harus menargetkan berberapa buku untuk dibaca perminggu atau perbulan. Selain membaca buku mebaca berita dimedia tentang sesuatu yang menarik dan merangsang anda untuk rajin membaca.

Membaca adalah langkah pertama yang wajib anda lakukan. Maka membacalah sebanyak mungkin karena dengan itu anda akan lebih memiliki banyak sumber inspirasi dalam bentuk memory ingatan kita, dengan begitu kosa kata akan lebih luas dan berguna menuntun kita pada saat membentuk tulisan-tulisan yang ideal. Hampir semua penulis-penulis hebat itu adalah kutu buku.

2. Bergabunglah Dengan Komunitas Penulis.

Hal wajib kedua adalah mencari orang-orang dengan frekuensi yang sama atau satu frekuensi. Bergabung dan menimba ilmu lah dengan komunitas penulis, cukup banyak ya komunitas yang ada dan bukan menjadi halangan sama sekali untuk hal ini bisa dilakukan. Dengan bergabung dan terus belajar dalam komunitas penulis tentunya selain selalu mendapat bimbingan gratis dari para senior-senior yang berpengalaman juga bisa menjadi sebuah energi positif dalam rangka menguatkan keinginan dan niat awal kita untuk bisa menjadi seorang penulis.

3. Mulailah Menulis.

Membaca banyak buku dan bergabung dengan komunitas penulis memang sangat berguna, tapi tetaplah tidak akan membantu anda untuk segera terwujud menggapai cita-cita sebagai seorang penulis. Jika anda tidak melakukan langkah ketiga dengan mengagendakan waktu terjadwal untuk memulai menulis maka anda akan menjadi seorang ‘pencerita’ yang hebat, tetapi bukan seorang penulis.

Mulailah menulis dimulai dengan satu paragraf setiap minggu itu lebih baik dari pada satu artikel 1 halaman namun hanya sekali setahun. Jika masih terasa sangat sulit, makan cobalah menuliskan apapun yang anda ingat dalam memory ingatan, karena jika kita benar-benar serius dilangkahi pertama itu akan membantu sekali untuk menyusun kata-kata yang akan kita susun dari ingatan akan buku-buku yang telah kita baca sebelumnya.

Itulah tiga tips yang saya bisa share sebagai cara yang revolusioner bagi siapapun yang berkeinginan menjadi seorang penulis.

Bisa jadi dunia sedang menunggu kisah inspiratif terhebat dari tulisan anda, atau pengalaman-pengalaman hidup yang pernah anda alami.

Sebagai penutup, jika kita bisa menulis maka akan ada banyak hal yang bisa terjadi dalam hidup kita. Era Industri 4.0 dengan tagline transformasi digital nya banyak sekali memberi ruang para penulis mendapatkan banyak sumber income dengan menjadi content writer tetap atau bahkan freelance sekalipun. Jadi lah bagian dari peradaban dengan melahirkan sebuah karya dalam bentuk tulisan. Tks

S e t i a w a n ( Content Writer dan Blogger )

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi UMKM

Kisah Inspirasi Sukses Pendiri Djarum: Membangun Impian dari Nol Hingga Jadi Jutawan

Published

on

Djarum adalah salah satu merek rokok paling terkenal di Indonesia, dan pendirinya, Budi Hartono, merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai miliaran dolar. Namun, keberhasilan Budi Hartono tidak didapat dengan mudah, ia harus melewati berbagai rintangan dan tantangan sepanjang hidupnya.

Budi Hartono lahir di Kudus, Jawa Tengah pada tahun 1940. Keluarganya tidak memiliki banyak uang, dan mereka tinggal di rumah kecil yang sangat sederhana. Namun, Budi Hartono memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk mencapai kesuksesan. Saat ia masih kecil, ia sudah memiliki mimpi untuk membangun bisnis besar yang bisa membantu keluarganya dan membawa keberkahan bagi banyak orang.

Saat Budi Hartono berusia 17 tahun, ia pindah ke Surabaya untuk mengejar pendidikan yang lebih baik. Di sana, ia bertemu dengan saudaranya, Michael, dan bersama-sama mereka mulai menjalankan bisnis kecil-kecilan seperti menjual rokok eceran. Namun, bisnis tersebut tidak bertahan lama karena pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan yang melarang penjualan rokok eceran.

Tidak menyerah dengan kegagalan tersebut, Budi Hartono dan Michael kemudian memutuskan untuk memproduksi rokok sendiri dengan merek Djarum. Mereka mulai memproduksi rokok dengan modal yang sangat terbatas, namun dengan usaha keras dan ketekunan, bisnis mereka mulai tumbuh dan berkembang pesat.

Pada tahun 1970-an, Djarum menjadi merek rokok yang sangat populer di Indonesia, dan bisnis mereka terus berkembang hingga menjadi perusahaan besar dengan ribuan karyawan dan banyak pabrik di seluruh Indonesia. Budi Hartono dan Michael berhasil membangun impian mereka dari nol hingga menjadi kenyataan.

Namun, keberhasilan Budi Hartono tidak hanya terbatas pada bisnis rokok. Ia juga terlibat dalam berbagai usaha lain seperti perbankan, real estate, dan media. Ia bahkan mendirikan yayasan sosial untuk membantu masyarakat Indonesia yang kurang mampu.

Kunci keberhasilan Budi Hartono adalah semangatnya yang kuat untuk terus belajar dan berkembang, serta ketekunan dan kerja kerasnya dalam menjalankan bisnis. Ia selalu berusaha untuk memimpin dengan contoh, menginspirasi karyawan dan mitra bisnisnya untuk mencapai kesuksesan bersama-sama.

Kisah inspirasi sukses pendiri Djarum ini bukan hanya menginspirasi orang-orang di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Ia membuktikan bahwa dengan tekad yang kuat dan kerja keras, siapa pun bisa meraih impian mereka dan mencapai kesuksesan.

Continue Reading

Inspirasi UMKM

Kisah inspirasi sukses Jack Ma

Published

on

Jack Ma adalah seorang tokoh bisnis asal China yang sukses mengubah nasibnya dari seorang guru bahasa Inggris yang mengalami kegagalan dalam mencari pekerjaan, menjadi salah satu orang terkaya di dunia dan pendiri salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Alibaba.

Kisah inspirasi sukses Jack Ma dimulai dari masa kecilnya yang tidak mudah. Jack lahir di Hangzhou, China pada tahun 1964 dan dibesarkan dalam keluarga yang sangat miskin. Ayahnya adalah seorang pelukis amatir dan ibunya adalah seorang penjahit. Jack sering menjadi sasaran bully oleh teman-temannya karena tampangnya yang unik dan tidak mirip dengan orang China pada umumnya.

Namun, hal ini tidak membuat Jack menyerah. Sebaliknya, dia belajar untuk menjadi tangguh dan berjuang untuk mencapai tujuannya. Pada usia 12 tahun, Jack tertarik pada bahasa Inggris dan sering pergi ke sebuah hotel untuk berbicara dengan turis asing dan mempraktikkan bahasa Inggrisnya. Keinginannya untuk belajar bahasa Inggris sangat kuat sehingga dia memilih untuk bersekolah di Universitas Hangzhou Normal, di mana dia menjadi satu-satunya mahasiswa dari lima puluh peserta ujian yang diterima.

Setelah lulus dari universitas, Jack mencoba mencari pekerjaan di berbagai tempat namun selalu mengalami kegagalan. Dia bahkan pernah mencoba untuk bekerja di KFC dan ditolak. Namun, hal ini tidak membuat Jack putus asa. Dia terus mencoba dan pada akhirnya mendirikan Alibaba pada tahun 1999, sebuah perusahaan e-commerce yang kemudian menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Meskipun Jack telah mencapai kesuksesan besar dalam karirnya, dia tetap rendah hati dan tidak melupakan akar miskinnya. Jack sering berbicara tentang pentingnya mempertahankan nilai-nilai yang ditanamkan oleh keluarga dan budaya asalnya, seperti kesederhanaan dan kerja keras.

Kisah inspirasi sukses Jack Ma memberikan banyak pelajaran bagi kita semua. Pertama, kita harus berani bermimpi besar dan tidak takut gagal. Kedua, kita harus tetap rendah hati dan tidak melupakan akar kita, dan ketiga, kita harus selalu berusaha keras dan tidak menyerah pada kegagalan.

Continue Reading

Inspirasi Figure

Ajak Semua Pihak Ambil Peduli Betapa Pentingnya Transformasi Digital UMKM, Musreza On Air di RRI Pro 2 Pekanbaru

Published

on

Berbincang on Air dan Live Streaming youtube Radio Pro Pekanbaru 88.4 FM dalam Program Inspirasi, Senin 28 Maret 2022 Inisiator GoOD Preneur Movement (GoOD Preneur) Musreza, ST banyak menyampaikan pandangan-pandangannya mengenai apa yang sedang menjadi agenda yang akan terus disuarakan bersama rekan-rekannya.
Lebih fokus pada pesan betapa pentingnya transformasi digital pada sektor usaha yang menjadi basis tumpuan perekonomian nasional yaitu UMKM. Dia berharap pesannya bisa sampai ke semua pelaku usaha termasuk Pemerintah untuk lebih serius dalam melakukan gerakan seriing guna mencapai akselerasi maksimum.
Musreza menilai, kolaborasi menjadi bagian paling penting agar akselerasi bisa terwujud. Jika bergandengan tangan maka akan menjadi lebih mudah. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing.
Selain mengajak pelaku usaha untuk bergabung bersama Gerakan tersebut, sebagai Inisiator ia dan rekan-rekan lain memastikan bahwa gerakan ini menjadi tahapan yang sangat penting dalam merumus soalan yang ada.
Sebelumnya, Kementrian keuangan telah memprediksi pasar ekonomi digital akan timbuh 8 kali lipat ditahun 2030. Jangan sampai justru pada saat yang sama pelaku usaha dari luar yang lebih siap untuk servive pada saat itu.
Dia menambahkan transformasi digital yang sesungguhnya adalah memastikan digitalisasi yang dilakukan itu tepat dan sesuai pada konteks kebutuhan pelaku usahanya.
Tidak lah serta merta akan terjadi transformasi jika setiap persoalan pelaku usaha itu dianggap sama. Untuk itu memang harus berorientasi  pada kebutuhan yang tepat sasaran.
Lebub berfokus pembinaan UMKM,  wadah Coaching dan sekaligus wadah berbagi ilmu  bagi mereka yang masih memiliki kompetensi yang dianggap kurang siap dalam menghadapi tantangan era digital.
Hanya dengan kolaborasi yang paling memungkin UMKM bisa mendapatkan sentugan teknologi yang diterapkan perusahan bersekala enterprise sehingga mampu tumbuh dengan cepat. Dengan bergotong royong maka UMKM bisa bertumbuh dengan pasti.
“Kan tidak mungkin rasanya UMKM itu mampu menggaji karyawan big data analis, membeli tools-tools yang dibeli oleh Enterprise untuk memaksimalkan penjualannya”. Imbuhnya sambil tersenyum optimis pada inspiratif.id di RRI Pro Pekanbaru.

Continue Reading

Trending