Connect with us

Info UMKM

Apakah UMKM Bebas Pajak & Bagaimana Mengurusnya? Ini Solusi Paling Tepat dan Cepat

Published

on

umkm

Inspiratif.id – Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi virus Corona telah merambah ke berbagai sektor perekonomian, termasuk juga sektor usaha mikro kecil menengah atau yang biasa dikenal dengan UMKM. Dengan adanya pandemi ini pendapatan yang diperoleh tentunya mengalami penurunan yang sangat drastis, sehingga sempat menimbulkan polemik antara pelaku usaha dengan pemerintah mengenai pajak yang harus dibayar.

Berkaca dari hal itu, kemudian pemerintah mengeluarkan kebijakan yang bertujuan untuk meringankan beban para pelaku usaha UMKM. Selain dari pada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah, keringanan lain yang dikeluarkan yakni berupa kebijakan pembebasan pajak penghasilan atau PPh 21 UMKM.

Kemudian selanjutnya kebijakan tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 44 tahun 2020 yang membahas mengenai Wajib Pajak Terdampak Pandemi Corona Virus Disease 2019. Aturan ini adalah hasil perubahan dari PMK No. 23/PMK.03/2020.

Untuk bunyi aturannya sendiri yakni PPh Final 0,5% dari jumlah bruto akan ditanggung oleh pemerintah. Penanggungan pajak PPh UMKM ini akan berlangsung selama 6 bulan. Dimulai dari bulan April sampai September 2020.

Kebijakan yang pemerintah ambil ini adalah salah satu dari lima kebijakan pemerintah guna memulihkan sektor ekonomi Indonesia. dengan adanya kebijakan semacam itu, kemudian banyak pelaku usaha yang menanyakan apakah mereka akan secara otomatis terdaftar atau harus melakukan pendaftaran secara mandiri.

Syarat UMKM Bebas Pajak

Nah, perlu diketahui bersama bahwa agar pelaku UMKM terbebas dari PPh maka mereka wajib mengajukan pembebasan PPh final UMKM. Pengajuan tersebut yang memungkinkan para pelaku bisa menikmati bebas pajak selama 6 bulan. Berikut syarat-syarat yang harus dipersiapkan:

  1. Pelaku UMKM harus memiliki penghasilan bruto kurang dari Rp. 4,8 miliar setiap tahunnya
  2. Wajib pajak telah melaporkan SPT tahunan
  3. Melampirkan surat permohonan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak yakni Dirjen Pajak yang menerangkan bahwa WP dikenakan PPh 23/2018 atau PPh final 0,5%
  4. Pemohon harus membuat laporan realisasi PPh Final DTP pada setiap Masa Pajak yang meliputi PPh terutang berdasar penghasilan yang diterima. Termasuk juga dari transaksi dengan pemungut
  5. Pemotong pajak harus membuat Surat Setoran Pajak atau yang dikenal dengan kode billing yang dilengkapi dengan cap atau tertera tulisan PPh Final Ditanggung Pemerintah Eks PMK Nomor…/PML.03/2020
  6. Laporan realisasi PPh final DTP juga harus dilengkapi dengan Surat Setoran Pajak atau cetakan kode billing yang harus disetorkan paling lambat tanggal 20 bulan selanjutnya setelah deadline pajak berakhir.

Apabila syarat-syarat tersebut sudah Anda miliki, langkah selanjutnya adalah mengajukannya kepada pemerintah terkait. Karena masih dalam suasana pandemi maka pengajuannya juga dilakukan secara online. Berikt tatacaranya yang lebih tepat:

  1. Silahkan kunjungi website pajak.go.id
  2. Kemudian Anda diminta untuk login di DJP Online
  3. Setelah berhasil login, pilihlah menu Layanan kemudian klik Info KSWP
  4. Selanjutnya klik Profil Pemenuhan Kewajiban Saya yang posisinya berada di bagian bawah halaman
  5. Setelah itu Anda diminta untuk memilih fasilitas yang ingin Anda manfaatkan.

Bagi Anda yang hendak mengajukan pembebasan pajak PPh silahkan langsung saja lengkapi persyaratan yang diminta dan ajukan sesegera mungkin. Sebab bisa saja sewaktu-waktu pengajuan tersebut akan ditutup dan Nada akan kehilangan kesempatan untuk terbebas dari pajak.

Dengan penjelasan diatas, rasanya sudah cukup jelas menjawab pertanyaan sahabat inspiratif bahwa UMKM bisa bebas dari pajak dengan cara mengajukan diri terlebih dahulu. Semoga informasi mengenai pengurusan pembebasan pajak bisa membantu Anda dan pelaku UMKM lainnya. Sehingga bisa sedikit mengurangi beban Anda di masa pandemi yang kondisi ekonominya semakin sulit ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info UMKM

Mencari Sumber Modal Usaha

Published

on

By

modal usaha

Salah satu tantangan terbesar untuk seseorang yang ingin memulai sebuah usaha adalah modal. Memang, modal merupakan kebutuhan awal yang tentu saja akan berpengaruh pada bagaimana usaha tersebut akan berjalan dan survive di kemudian hari. Tidak hanya itu, ketersediaan modal pun juga akan mempengaruhi bagaimana usaha bisa disiapkan dengan matang.

Seringkali, keterbatasan modal menjadi salah satu ganjalan yang muncul ketika bisnis hendak dimulai. Tidak hanya bisnis yang berjalan kurang lancar, keterbatasan modal cukup sering membuat rencana usaha yang sudah dipersiapkan dengan baik urung dilaksanakan dan bahkan gagal.

Nah, jika Anda sedang mencari tahu tentang bagaimana cara mencari sumber modal untuk usaha, ada beberapa ide yang bisa Anda coba. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Ragam Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

Berbincang tentang mencari modal untuk memulai bisnis, ada beberapa ide yang mungkin bisa Anda pertimbangkan. Beberapa ide tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggadaikan Aset

Jika Anda membutuhkan modal berupa uang tunai dalam jumlah yang cukup banyak, maka menggadaikan aset adalah salah satu jalan yang bisa ditempuh. Beberapa set seperti kendaraan pribadi, surat tanah, BPKB kendaraan, barang elektronik dan lainnya adalah objek yang bisa dijadikan alat gadai.

Tentu saja, besaran dana yang nantinya didapatkan tergantung dari aset yang digadaikan. Selain itu, perlu disadari bahwa Anda harus mencari pihak penggadai yang aman dan bertanggungjawab. Hal ini tentu sangat penting agar aset Anda tidak hilang.

  • Menggunakan Tabungan Pribadi

Bisa dikatakan menggunakan tabungan pribadi adalah salah satu cara yang paling aman untuk mencari modal usaha. Ya, tidak ada syarat yang dibebankan atau keharusan untuk mengembalikan secara berkala dana yang digunakan untuk modal usaha.

Nah, jika Anda memang memiliki tabungan pribadi dalam jumlah yang cukup, maka Anda bisa menggunakannya untuk tambahan modal usaha. Namun, tentu saja, status tabungan tersebut sebaiknya adalah uang yang tidak terpakai, terutama untuk kebutuhan pribadi atau keluarga yang urgen.

  • Menjual Aset

Menjual aset juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan modal yang cepat untuk membangun usaha yang baru. Cara ini cenderung cukup simple dan nantinya Anda juga akan bebas dari kewajiban mengangsur –sebagaimana jika Anda menggadaikan aset.

Cobalah cari tahu dan pertimbangkan beberapa aset yang Anda miliki yang memungkinkan untuk dijual. Tentu saja, pertimbangan untung dan rugi harus menjadi bagian yang diperhatikan. Jangan sampai Anda menjual aset dengan harga yang terlampau murah hanya karena alasan Anda membutuhkan uang untuk modal.

  • Mencari Investor atau Partner Bisnis

Ide lain yang cukup elegan untuk dicoba saat Anda perlu modal membuka usaha adalah mencari investor atau partner membuka bisnis. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan modal untuk membuka bisnis, bahkan juga modal untuk pengembangan bisnis selanjutnya.

Tentu saja, ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan investor dan partner bisnis yang tepat. Mengajukan proposal ke beberapa pihak atau menghubungi kawan yang tertarik dengan bisnis Anda bisa mencari langkah yang dilakukan. Dengan penjelasan yang lengkap dan keyakinan prospek bisnis yang bagus, mendapatkan modal dengan cara ini bukan hal yang mustahil.

Beberapa hal di atas bisa menjadi cara sahabat inspiratif tempuh untuk mendapatkan modal memulai usaha. Tentu saja, sebelum mencari modal, Anda harus membuat rincian kebutuhan terlebih dahulu hingga besaran modal yang pasti bisa dirumuskan.

Continue Reading

Info UMKM

Peluang Usaha Untuk Anak Muda

Published

on

By

peluang usaha anak muda

Bisa dikatakan jika dewasa ini, minat anak muda untuk menjadi pengusaha semakin meningkat. Gambaran akan pekerjaan yang cenderung menawarkan kebebasan dan tentu keuntungan yang lebih tinggi menjadi alasan kenapa menjadi pengusaha adalah hal yang diinginkan oleh anak muda.

Memang, minat semacam itu tentu saja baik karena akan menjadi modal awal bagi anak muda untuk mencari ide usaha yang hendak ia geluti. Bisa dikatakan ada cukup banyak peluang usaha khusus untuk anak muda dengan genre yang berbeda-beda, seperti dalam dunia kuliner, fotografi, grafis, dan lainnya.

Nah, adanya banyak peluang tersebut tentu bisa menjadi gambaran umum usaha yang bisa memberikan rasa optimis yang lebih tinggi. Namun, untuk memudahkan Anda yang masih membandingkan beberapa ide usaha, berikut akan dibahas beberapa peluang usaha yang cocok untuk anak muda yang tentu saja menguntungkan!

Ragam Peluang Usaha Menguntungkan Untuk Anak Muda

Anak muda digambarkan sebagai sosok yang selain penuh semangat, juga memiliki pikiran yang cenderung terbuka. Hal inilah yang membuat mereka memiliki kebebasan yang lebih untuk memilih mana peluang usaha yang cocok.

Untuk pertimbangan pemilihan, ada beberapa peluang usaha yang cukup menguntungkan bagi anak muda seperti Anda. Beberapa peluang usaha tersebut adalah sebagai berikut:

  • Toko Online

Adanya internet memang memberikan kesempatan yang cukup banyak untuk membuka bisnis yang baru, salah satunya adalah toko online. Ide usaha ini sangat menarik karena dengan memanfaatkan platform online, Anda bisa membuka bisnis entah jualan atau jasa, selama 24 jam non-stop tanpa memerlukan biaya mahal untuk sewa tempat.

Dengan memanfaatkan toko online, Anda bisa menjual beragam jenis produk mulai dari makanan, aksesoris, pakaian, kerajinan tangan, dan lainnya. Tentu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan produk yang tepat tersebut.

  • Web Design

Jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain sebuah website, maka membuka jasa web design adalah salah satu ide usaha yang sangat tepat. Bisa dikatakan bahwa saat ini website menjadi hal yang sangat lumrah, terutama untuk menyediakan sumber informasi bagi instansi, promosi, dan hal lainnya.

Hal tersebut memberikan semacam fakta bahwa website kini lebih dibutuhkan sehingga pasar promosi menjadi lebih luas. Selain itu, ide usaha ini cukup cocok untuk Anda yang menyukai kebebasan karena pekerjaan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

  • Bisnis Fashion

Bisnis fashion bisa dikatakan sebagai salah satu ide bisnis abadi dan cenderung cocok untuk anak muda. Ya, sebagaimana diketahui, anak muda selalu ingin memiliki style fashion yang up to date dari waktu ke waktu.

Jika Anda tertarik dengan ide bisnis ini, maka Anda bisa memulainya. Ada cukup banyak ide terkait dunia fashion, seperti membuka distro, menjual kaos polos, membuka jasa sablon dan lainnya sesuai dengan keterampilan dan keinginan Anda.

  • Jasa Foto dan Video

Membuka jasa foto dan pembuatan video adalah ide yang menarik untuk anak muda. Bisa dikatakan bahwa foto dan video kini menjadi hal yang penting untuk beragam keperluan, mulai dari promosi bisnis, mengabadikan momen, dan lainnya. Nah, untuk Anda yang memiliki kemampuan fotografi sekaligus desain grafis, ide bisnis ini cocok untuk Anda geluti.

Beberapa poin di atas bisa dijadikan sahabat inspiratif sebagai pertimbangan ide bisnis yang cocok untuk anak muda. Meskipun, tentu saja masih ada banyak ide bisnis lain yang bisa dijadikan pertimbangan lain. Namun, hal yang juga cukup penting adalah pilih ide usaha yang sesuai dengan passion agar Anda senantiasa terpacu dan senang untuk menjalaninya.

Continue Reading

Info UMKM

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Published

on

By

mulai bisnis

Menjalankan sebuah usaha memang menjadi salah satu sumber keuntungan yang cukup besar bagi para pelakunya. Namun, tentu saja ada proses yang harus dilakukan dan dijalani sebelum mendapatkan keuntungan tersebut. Tidak jarang, ada rintangan yang menghadang dan menyebabkan usaha yang baru dirintis kemudian gugur dan hilang.

Hal semacam itu cukup sering terjadi, terutama untuk bisnis yang dimulai dari nol. Oleh karenanya, bagi pebisnis pemula yang memulai usahanya dari nol, mengetahui cara memulai bisnis yang tepat adalah hal yang begitu penting.

Pengetahuan semacam ini akan membantu mereka untuk mengatur bisnis dengan lebih baik sehingga risiko gagal di tengah jalan akan cenderung lebih kecil. Lantas, bagaimana saja cara yang tepat untuk memulai bisnis dari nol tersebut? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Cara Memulai Usaha dan Bisnis dari Nol

Sebelum membahas beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis dari nol, ada pengetahuan penting yang harus diketahui, yaitu adanya risiko bisnis. Nah, bisnis yang dijalankan bisa saja sukses, namun bisa juga gagal. Oleh karenanya, jika seseorang sadar akan risiko yang dihadapi, maka ia akan cenderung lebih bersiap diri untuk memulai bisnis yang ia dambakan.

Adapun beberapa cara yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis dari nol adalah sebagai berikut:

  • Menentukan Ide Bisnis

Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan pertama kali adalah menentukan ide bisnis atau produk yang ingin dijadikan komoditas bisnis. Ini adalah hal yang tentu akan berpengaruh pada bagaimana bisnis Anda akan berjalan.

Dalam hal ini, sebelum sampai pada keputusan memilih ide bisnis atau menentukan produk, Anda harus mencari tahu seluk-beluk tentang ide bisnis tersebut hingga ke akar-akarnya. Hal semacam ini sangat penting agar pengetahuan Anda tentang bisnis yang Anda jalankan sendiri menjadi maksimal.

  • Menyusun Rencana dan Visi-Misi

Jika ide bisnis sudah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah menyusun rencana sekaligus visi dan misi. Ini adalah dokumentasi tentang bagaimana Anda akan menjalankan bisnis tersebut dari awal hingga mendapatkan kesuksesan.

Rencana bisnis serta visi dan misi adalah hal yang begitu penting. Dengan membuat dokumen ini secara lengkap, berarti Anda memiliki pandangan yang jauh ke depan tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Selain itu, susunan rencana juga bisa menjadi patokan perjalanan bisnis.

  • Menyiapkan Modal

Umumnya, setiap bisnis membutuhkan modal, meskipun modal tidak harus berupa dana. Nah, untuk memulai bisnis dari nol, maka Anda membutuhkan modal. Siapkan modal sesuai dengan bisnis yang ingin Anda geluti tersebut. Tentu, modal yang disiapkan harus maksimal dan sebisa mungkin memenuhi apa yang menjadi kebutuhan Anda.

Terkait modal, jika Anda melakukan pinjaman untuk mendapatkannya, pastikan ada perhitungan yang matang agar pinjaman tersebut tidak menjadi beban di kemudian hari. Selain itu, Anda juga harus mengelola modal serta keuangan dengan baik karena keduanya menjadi dasar bisnis yang bisa berjalan lancar.

  • Fokus Pada Satu Bisnis

Hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan ketika membuat bisnis dari awal adalah fokus. Ya, fokus akan membantu Anda menemukan pengembangan bisnis yang lebih maksimal. Oleh karenanya, berusahalah fokus pada satu bisnis terlebih dahulu dan tidak terburu-buru untuk membuka cabang atau memulai bisnis baru lainnya.

Beberapa hal di atas bisa dijadikan sahabat inspiratif sebagai patokan untuk memulai bisnis yang baru. Memang, memulai bisnis memiliki tantangan yang begitu beragam. Namun, dengan persiapan dan pengelolaan yang baik, maka bisa saja Anda akan mendapatkan kesuksesan sebagaimana yang Anda dambakan.

 

Continue Reading

Trending