Connect with us

Info UMKM

Apa itu Bantuan Langsung Tunai UMKM & Cara Mendapatkannya

Published

on

Semenjak Indonesia mengalami pandemi Covid 19, banyak dampak negatif yang diterima oleh masyarakat. Seperti banyaknya tenaga kerja yang terpaksa harus cut kontrak, banyaknya pekerja yang harus dipaksa libur karena pandemi ini dan masih banyak lagi dampak negatifnya dalam sektor ekonomi.

Untuk menyikapi hal tersebut, pemerintah memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) produktif bagi masyarakat dengan kriteria tertentu. Seperti pekerja dengan upah dibawah 5 juta dan terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

BLT sebesar 2,4 juta

BLT sebesar 2,4 juta ini diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan beberapa persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan. Bantuan tersebut diberikan mulai bulan Agustus hingga Desember mendatang.

Bantuan tersebut bertujuan untuk memulihkan kondisi ekonomi pelaku usaha semenjak masa pandemi berlangsung. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah memberikan bantuan kepada 12 juta pelaku UMKM di Indonesia.

Namun tidak semua pelaku usaha berhak mendapatkan bantuan, penyaluran BLT untuk UMKM juga melibatkan dinas koperasi daerah dan UMKM di setiap daerah. Demi kelancaran proses pendataan guna penyaluran bantuan, Kementerian Koperasi dan UMKM telah menerbitkan e-form.

Mengisi E-form

Dalam pengisian e-form tersebut, pelaku UMKM diminta untuk lebih rinci dan spesifik. Hal ini agar dapat diintegrasi dengan data yang terdahulu serta untuk menghindari terjadinya duplikasi data. Data yang telah dilengkapi oleh pelaku usaha selanjutnya akan dikompilasi dengan sistem terpadu. Sehingga para pelaku usaha tidak perlu melakukan pengisian data secara berulang di masa mendatang.

E-form tersebut sudah mulai didistribusikan sejak tgl 13 April 2020 melalui situs siapBersamaUMKM dalam program #SiapBersamaUMKM. Lantas apa saja persyaratan bagi calon penerima BLT bagi pelaku UMKM terdampak Covid 19? Berikut beberapa persyaratannya:

  1. Pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia dan bukan merupakan warga negara asing
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Merupakan pelaku usaha mikro yang memiliki bukti surat usulan dari pengusul lampirannya
  4. Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  5. Pelaku usaha bukan anggota TNI/Polri serta bukan pegawai BUMN maupun BUMD
  6. Pelaku UMKM memiliki tabungan dengan saldo di bawah 2 juta rupiah
  7. Belum pernah atau sedang tidak menerima pinjaman dari bank.

Nah untuk pelaku UMKM yang memenuhi kriteria yang telah tersebut di atas, selanjutnya akan diseleksi oleh Dinas Koperasi di setiap daerah serta lembaga yang terpilih. Kepada pelaku UMKM yang telah melalui seleksi dan terpilih, kemudian bantuan langsung tunai tersebut akan ditransfer secara langsung ke masing-masing penerima sebesar 2,4 juta untuk setiap pelaku usaha.

Saat ini pemerintah telah menyalurkan kepada 1 juta pelaku usaha dengan total bantuan sebesar 2,4 triliun. Program tersebut akan terus berlanjut secara bertahap dan mencapai target pemerintah dengan memberikan bantuan kepada 12 juta pelaku UMKM.

Seperti yang sudah disinggung di atas, bantuan tersebut selanjutnya akan digunakan untuk modal usaha. Dengan harapan dapat mengembalikan kondisi ekonomi yang sempat surut beberapa bulan terakhir akibat dari pandemi Covid 19 ini.

Terlebih lagi saat ini Indonesia sedang mengalami gelombang kedua. Dimana kasus positif semakin tinggi namun kesadaran masyarakat akan hidup sehat dan menerapkan protokol semakin rendah. Demi memulihkan perekonomian Indonesia, hendaknya para pelaku usaha menggunakan bantuan tersebut secara benar dan sesuai yang pemerintah harapkan.

Langkah kecil yang dapat Anda lakukan adalah dengan membeli produk dari teman atau tetangga terdekat khususnya bagi sesama pelaku usaha mikro. Dengan begitu secara bertahap ekonomi akan kembali pulih seperti yang diharapkan.

Bagaimana sahabat inspiratif? sudah jelas belum? Sahabat inspiratif yang memiliki usaha segera ikut mendaftar ya.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Apakah UMKM Bebas Pajak & Bagaimana Mengurusnya? Ini Solusi Paling Tepat dan Cepat - Inspiratif.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info UMKM

Pentingnya media online untuk usaha

Published

on

Dalam era digital saat ini, penggunaan media online telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran untuk berbagai jenis usaha. Media online seperti website, media sosial, dan email marketing telah membuka peluang baru untuk usaha untuk mencapai pasar yang lebih luas dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efektif. Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya media online untuk usaha dan bagaimana penggunaannya dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis.

  1. Menjangkau pasar yang lebih luas Dengan memanfaatkan media online, usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas dari yang bisa dicapai dengan media tradisional. Internet dapat diakses dari mana saja, kapan saja, sehingga usaha dapat memasarkan produk atau jasa mereka kepada konsumen yang berada di berbagai wilayah. Dalam hal ini, penggunaan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dapat membantu usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.
  2. Memperkuat branding Media online dapat membantu memperkuat branding dan citra usaha. Dengan menggunakan desain website yang menarik dan konten yang relevan, usaha dapat membangun citra yang profesional dan menarik bagi pelanggan. Selain itu, penggunaan media sosial dapat membantu usaha untuk terhubung dengan pelanggan secara lebih personal dan membangun hubungan yang erat.
  3. Menghemat biaya Penggunaan media online dapat menghemat biaya yang biasanya dibutuhkan untuk pemasaran melalui media tradisional seperti koran, radio, atau televisi. Media online seperti website dan media sosial dapat dibuat dengan biaya yang relatif rendah dan bahkan gratis, tergantung pada platform yang digunakan.
  4. Memudahkan pengukuran kinerja Media online juga memungkinkan usaha untuk mengukur kinerja pemasaran dengan lebih mudah dan akurat. Berbagai alat analitik tersedia untuk mengukur lalu lintas website, interaksi media sosial, dan efektivitas email marketing. Hal ini memungkinkan usaha untuk memonitor kinerja kampanye pemasaran mereka dan menyesuaikan strategi jika diperlukan.
  5. Meningkatkan konversi Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, penggunaan media online dapat membantu usaha untuk meningkatkan konversi pelanggan. Dengan memberikan informasi yang relevan dan menarik kepada pelanggan, usaha dapat meningkatkan kemungkinan konversi menjadi penjualan. Selain itu, media online juga memungkinkan usaha untuk memberikan penawaran khusus dan promosi yang hanya tersedia secara online, yang dapat meningkatkan daya tarik bagi konsumen.

Dalam kesimpulannya, media online sangat penting untuk usaha dalam era digital saat ini. Penggunaannya dapat membantu usaha menjangkau pasar yang lebih luas, memperkuat branding, menghemat biaya, memudahkan pengukuran kinerja, dan meningkatkan konversi. Dengan memanfaatkan media online secara efektif, usaha dapat meningkatkan kinerja bisnis mereka dan bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif.

Tertarik memperluas strategi pemasaran di media online? hubungi kami di 082386740321

Continue Reading

Info UMKM

Pentingnya Website Profile Company untuk Meningkatkan Reputasi Bisnis Anda

Published

on

Saat ini, hampir semua bisnis memiliki website profil perusahaan. Namun, masih banyak pemilik bisnis yang tidak menyadari betapa pentingnya website ini bagi reputasi bisnis mereka. Di era digital saat ini, website profil perusahaan tidak hanya menjadi tempat untuk menampilkan informasi tentang bisnis Anda, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa website profil perusahaan sangat penting untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda.

  1. Membuat Pertama Impresi yang Baik

Website profil perusahaan adalah wajah online bisnis Anda. Dalam beberapa kasus, website adalah satu-satunya cara pelanggan potensial dapat mengetahui tentang bisnis Anda. Oleh karena itu, website harus dirancang dengan baik dan menarik, sehingga dapat membuat pertama impresi yang baik pada pelanggan potensial Anda. Jika website Anda tidak menarik atau sulit dinavigasi, pelanggan potensial akan mudah beralih ke pesaing Anda.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Pelanggan potensial mencari informasi tentang bisnis Anda sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda. Website profil perusahaan yang profesional dan informatif dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Dengan menampilkan informasi yang jelas tentang produk atau layanan Anda, sejarah bisnis Anda, dan kontak informasi, Anda dapat memberikan keyakinan kepada pelanggan bahwa Anda adalah bisnis yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

  1. Meningkatkan Visibilitas di Mesin Pencari

Website profil perusahaan juga dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari seperti Google. Dengan menambahkan kata kunci yang relevan dan konten yang informatif, website profil perusahaan Anda dapat muncul di hasil pencarian mesin pencari. Ini akan membantu pelanggan potensial menemukan bisnis Anda dengan lebih mudah dan meningkatkan lalu lintas ke website Anda.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Website profil perusahaan juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Anda. Dengan menampilkan logo dan visual merek Anda, serta menambahkan konten yang konsisten dengan merek Anda, Anda dapat membantu membangun kesadaran merek Anda di kalangan pelanggan potensial. Ini akan membantu membedakan bisnis Anda dari pesaing Anda dan membantu memperkuat identitas merek Anda.

  1. Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

Website profil perusahaan juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi dengan pelanggan Anda. Anda dapat menambahkan formulir kontak atau informasi dukungan pelanggan untuk membantu pelanggan menghubungi Anda dengan mudah. Hal ini akan membantu memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan Anda dan memastikan bahwa mereka merasa didengar dan dihargai.

Kesimpulannya, website profil perusahaan sangat penting untuk meningkatkan reputasi bisnis Anda. Dengan membuat pertama impresi yang baik, meningkatkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan visibilitas di mesin pencari, meningkatkan kesadaran merek, dan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, Anda dapat membantu memperkuat bisnis.

Bagaimana? Anda tertarik membuat website Company Profile? MAri berkolaborasi, Silahkan Hubungi kami di 082386740321/ ocuiki@gmail.com

Continue Reading

Info UMKM

Pentingnya digital marketing untuk UMKM

Published

on

Dalam era digital saat ini, digital marketing merupakan salah satu hal yang tidak bisa diabaikan oleh semua jenis bisnis, termasuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Digital marketing memiliki peran penting dalam membantu UMKM untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan penjualan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pentingnya digital marketing untuk UMKM serta strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM.

  1. Memperluas Jangkauan PasarDigital marketing memungkinkan UMKM untuk memperluas jangkauan pasar mereka tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar seperti pada metode pemasaran tradisional. Dengan digital marketing, UMKM dapat mencapai pasar yang lebih luas melalui platform online seperti media sosial, mesin pencari, dan website. Selain itu, digital marketing juga memungkinkan UMKM untuk menjangkau pasar global tanpa harus membuka cabang di luar negeri.
  2. Meningkatkan Brand AwarenessDigital marketing juga dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek UMKM. Dengan mengoptimalkan strategi SEO, UMKM dapat muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google, sehingga konsumen lebih mudah menemukan UMKM tersebut. Selain itu, dengan memanfaatkan platform media sosial, UMKM dapat membangun brand awareness melalui konten yang menarik dan interaktif.
  3. Meningkatkan PenjualanDigital marketing juga dapat membantu meningkatkan penjualan UMKM. Dengan memanfaatkan platform e-commerce seperti marketplace dan website, UMKM dapat menjual produk mereka secara online dan memperluas jangkauan pasar mereka. Selain itu, digital marketing juga memungkinkan UMKM untuk menargetkan konsumen potensial dengan lebih efektif melalui strategi iklan digital yang tepat sasaran.

Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk UMKM Berikut adalah beberapa strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM:

  1. Memiliki Website yang ResponsifMemiliki website yang responsif sangat penting untuk UMKM agar konsumen dapat mengakses website dengan mudah dari berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan desktop. Selain itu, website juga dapat menjadi platform untuk melakukan penjualan online dan membangun brand awareness.
  2. Memanfaatkan Media SosialMemiliki kehadiran di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter sangat penting untuk UMKM agar dapat membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. UMKM dapat memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen, membagikan konten menarik, dan menjual produk mereka.
  3. Memanfaatkan Email MarketingEmail marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang efektif untuk UMKM. Dengan memanfaatkan email marketing, UMKM dapat mengirimkan konten yang personal dan relevan kepada konsumen potensial dan pelanggan yang sudah ada.
  4. Membuat Konten yang Menarik dan RelevanMembuat konten yang menarik dan relevan sangat penting untuk membangun brand awareness dan meningkatkan engagement

Digital marketing adalah suatu keharusan bagi UMKM yang ingin bersaing dengan perusahaan besar dan memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan strategi digital marketing yang tepat, UMKM dapat meningkatkan visibilitas bisnis mereka, menjangkau pasar yang lebih luas, mengurangi biaya pemasaran. Untuk konsultasi digital marketing lebih lanjut, anda dapat menghubungi Digital Marketing Specialist Rizki Gusti Pratama (instagram: @rizkigustipratama) yang berada di Pekanbaru.

Continue Reading

Trending