Connect with us

Inspirasi Marketing

5 MANFAAT DIGITAL MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS

Published

on

Tahun 2020 adalah tahun yang berat karena meluasnya virus covid-19, penggunaan digital marketing memiliki banyak sekali manfaat salah satunya yaitu menjadi kebutuhan utama banyak bisnis untuk membantu memasarkan produk dan jasa yang mereka miliki. Karena adanya virus covid-19 menyebabkan mobilitas orang-orang semakin terbatas sehingga lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Supaya tetap bisa melakukan kegiatan pemasaran produk dan jasa, paling ampuh dengan mengunakan sosial media.

Bukan tidak mungkin bahwa Digital marketing menjadi salah satu andalan bagi para pelaku bisnis baik perusahaan maupun UKM dalam pengembangan usahanya dalam  kondisi seperti saat ini.

Banyak keuntungan dari digital marketing bagi bisnis UKM hingga tingkat perusahaan tidak sedikit yang mampu menggeser periklanan konvensional mereka ke digital marketing .

Berikut 5 manfaat digital marketing yang mungkin bisa membantu bisnis yang kamu miliki:

 

Pertama, Menjangkau pasar secara online

Internet saat ini sedang menjadi andalan bagi para konsumen untuk menemukan produk yang ingin dicari. Karena banyaknya pengguna internet saat ini tentu saja memberi kesempatan bagi para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produknya kepada publik. Internet bisa membuat bisnis kamu terhubung dengan konsumen secara cepat dan luas.

Saat ini sebagian besar konsumen lebih memilih internet sebagai sarana menemukan produk yang dicari. Ketika konsumen sudah mengenal produk dan jasa yang kamu miliki, sangat besar kemungkinan mereka bisa membeli atau berkonsultasi secara langsung melalui gadgetnya ketimbang harus datang langsung ke tempat.

 

Kedua, Menemukan konsumen dengan mudah sesuai target yang direncanakan

Melalui digital marketing, bisnis yang kamu tawarkan dapat dengan mudah menjangkau konsumen yang tengah mencari produk yang diinginkan. Oleh karena itu, membuat kamu lebih mudah untuk meningkatkan konversi penjualan produk atau memberikan pelayanan jasa kepada publik.

Bukan hanya itu dengan menggunakan digital marketing kamu bisa melayani semua pelanggan tanpa harus bertemu secara langsung sehingga jauh lebih efisien. Apalagi dengan kondisi saat ini tentu akan sangat membuang waktu. Dengan kamu menggunakan ranah digital, kamu bisa memberikan pelayanan di manapun dan kapanpun secara real-time dan membuat jauh lebih efisien.

 

Ketiga, Meningkatkan profit bisnis

Salah satu yang menjadi faktor berkembang pesatnya bisnis digital adalah fitur transaksi yang berbasis online. Kemudahannya mampu meyakinkan dan menarik perhatian banyak konsumen terhadap produk tertentu.

Bukan hanya itu, Ketika bisnis yang kamu jalankan masih dalam tahap perkembangan, sangat memungkinkan digital marketing mampu membuat produk kamu banyak dicari dan dibeli oleh konsumen. Nah, tentu itu akan membuat bisnis mu mendapatkan lebih banyak profit jika dibandingkan dengan pemasaran offline.

 

Keempat, Bisnis terlihat lebih profesional

Di era digital pada masa sekarang ini, banyak bisnis yang tidak terlihat portalnya di internet tentu akan dicap sebagai bisnis yang tertinggal.

Bukan hanya menyulitkan produk untuk bisa dijangkau konsumen, tetapi juga bisnismu seolah-olah tidak memiliki kredibilitas yang cukup baik di mata konsumen atau pelanggan. Maka digital marketing memiliki pengaruh yang besar untuk menjadikan bisnis Kamu terlihat lebih profesional.

 

Kelima, Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis

Dalam ranah digital marketing, perusahaan besar maupun pelaku bisnis UKM memiliki kesempatan yang sama. Saluran yang menawarkan jasa periklanan sama-sama memberikan layanan terbaik mereka kepada  siapapun. Oleh karena itu, bisnis yang kamu punya memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan posisi yang sama dengan perusahaan-perusahaan ternama.

Nah, inilah beberapa manfaat dari digital marketing yang kamu dapatkan ketika bisnis yang sedang kamu jalankan menggunakan digital marketing sebagai media pemasaran yang akan membuat bisnis mu berkembang jauh lebih professional lagi. Apalagi pada era teknologi saat ini menuntut banyak hal harus serba digital.

Bagaimana sudah siapkah Kamu untuk bersaing?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi Marketing

JENIS-JENIS WEBSITE BERDASARKAN FUNGSINYA

Published

on

Sebelum kamu membuat sebuah website, tentu saja kau harus mengetahui dulu jenis dari website yang ingin kamu buat sesuai dengan yang dibutuhkan. terdapat beberapa jenis website di internet dan dapat dikategorikan berdasarkan fungsi, platform, dan sifatnya.

Nah, artikel kali ini akan membahas jenis website berdasarkan fungsinya. Membuat website sama dengan ketika kamu ingin membeli sebuah produk , ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan untuk menemukan produk yang paling tepat untuk kamu.

Contohnya ketika kamu ingin membeli sebuah mobil, tentu ada jenis dan spesifikasi tertentu yang kamu inginkan, bukan? Sama juga ketika kamu ingin membuat sebuah website ,kamu juga perlu memahami jenis-jenis website yang ada agar bisa menentukan jenis website terbaik untuk kamu.

Berikut ini kami akan membahas tentang jenis-jenis website berdasarkan fungsinya. Yuk, kita simak ulasannya!

 

  1. Blog (Content Marketing)

Selain digunakan sebagai jurnal pribadi, blog juga bisa digunakan sebagai alat content marketing. Serta kamu dapat mendatangkan trafik ke website toko online atau website perusahaan kamu melalui blog.

Kamu juga bisa membuat konten atau artikel menggunakan kata kunci yang sering digunakan oleh calon konsumen kamu. Contohnya, kamu menjual tas kulit. Kamu dapat menulis artikel di blog content marketing dengan kata kunci seperti “tas kulit kualitas terbaik”.

 

  1. Blog atau Website Pribadi

Pada awal tahun 2000-an, blog menjadi trend baru sebagai jurnal pribadi yang dapat dikelola dan diakses secara online. Jika kamu ingin menuliskan opini, pengalaman pribadi, atau kisah perjalanan, kamu bisa mempublikasikannya melalui blog.

Selain itu menuliskan cerita di blog bisa dijadikan sebagai pekerjaan lho. Ada banyak blogger Indonesia yang sukses melalui blog mereka seperti Anak Jajan, Trinity Traveler, dan Sugeng.

 

  1. Media Sharing

Jenis website media sharing ini berguna untuk berbagi media baik video, gambar, hingga file musik. User bisa upload ke situs tersebut dan dapat dilihat oleh pengguna lainnya. Contoh website jenis ini  seperti youtube, souncloud dan berbagai web stock photo.

 

  1. Toko Online/Ecommerce

Kamu juga bisa memanfaatkan website untuk membuat toko online. Walaupun kamu sudah berjualan di media sosial atau marketplace, kamu sangat memerlukan website. Sebagaimana kamu mempunyai toko fisik di dunia nyata, website dapat di jadikan sebagai toko kamu di dunia nyata.

Kamu juga bisa mengarahkan calon konsumen dari media sosial ke website toko online agar semua transaksi terjadi di dalam website. Jadi semua transaksi toko online yang terjadi bisa tercatat secara otomatis dan kamu juga bisa mengevaluasinya dengan mudah menggunakan bantuan Google Analytics.

 

  1. Website Perusahaan

Jika perusahaan kamu tidak melakukan transaksi secara online, kamu perlu memiliki website resmi perusahaan agar calon konsumen dapat menemukan informasi resmi tentang perusahaan kamu dari website resmi.

Oleh karena itu, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan yang kamu miliki akan meningkat karena mereka bisa menemukan informasi resmi yang dibutuhkan melalui mesin pencarian.

 

  1. Organisasi atau Instansi Pemerintah

Website bisa dimanfaatkan sebagai laman resmi dari sebuah organisasi. Hal ini terjadi supaya masyarakat bisa mengakses informasi terbaru tentang kegiatan organisasi dengan mudah. Biasanya website organisasi sering menggunakan domain .org atau .or.id. Sementara website instansi pemerintah menggunakan domain .go.id.

 

  1. Website Berita

Website berita memiliki tujuan untuk menyebarkan berita, mungkin jenis website ini sangat familiar di telinga. Di era serba digital saat ini, portal berita online berhasil menggeser posisi media lain sebagai sumber informasi.

 

  1. Komunitas Online

Website juga bisa dimanfaatkan sebagai komunitas online. Di internet Tersedia berbagai komunitas online dengan berbagai macam topik. Biasanya satu website komunitas online hanya akan membahas tentang satu topik tertentu.

Dari website komunitas online ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi terbaru, tutorial, atau tips dari satu atau beberapa topik tertentu.

Nah, Jenis-jenis website diatas dapat kamu gunakan sebagai dasar pertimbangan website seperti apa yang akan kamu buat. Bagaimana, sudah tau jenis website mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu?

Continue Reading

Inspirasi Marketing

5 TIPS MEMBUAT KONTEN YOUTUBE BAGI PEMULA

Published

on

Apakah Kamu ingin membuat konten YouTube untuk bisnis? Tapi, masih bingung ide konten YouTube apa yang menarik? Apalagi dengan status kamu yang masih pemula? Nah, kali ini saya akan membagikan tips membuat konten youtube bagi Kamu yang masih pemula.

Membuat konten YouTube untuk bisnis juga jangan asal bikin. Jika konsepnya tidak sesuai target audiens, channel YouTube Anda bakalan sepi. Apalagi sekarang ini kebanyakan usia pengguna YouTube adalah milenial.

Maka dari itu, ide kontennya perlu Kamu pikirkan matang-matang agar menarik untuk ditonton.

Nah, pada artikel ini, saya akan membagikan tips membuat konten YouTube bagi pemula. Yuk, simak ulasannya!

 

Pertama, Tentukan Tujuan

Langkah pertama untuk membuat konten Youtube adalah menentukan tujuannya terlebih dahulu. Apakah untuk berkomunikasi dengan audience, Memperkenalkan merk atau meningkatkan penjualan?

Jika sudah tahu tujuannya, Kamu bisa lebih gampang untuk membuat konten YouTube. Mulai dari konsep, riset, editing, hingga mempromosikannya.

Sebagai contoh, Kamu ingin meningkatkan keterkaitan dengan audience. Kamu bisa membuat konten yang lebih interaktif. Contohnya, berbicara dengan Meet our Team atau Talks with Expert .

Dari konten tersebut, Kamu bisa mengajak audiens untuk bertanya atau berinteraksi langsung pada pembicara yang ahli di bidang tersebut.

Selain itu, ketika kamu masih dalam mencapai tujuan , pastikan kamu tetap memperhatikan target audiens, ya. Alasannya, Karena target audiens akan mempengaruhi banyak hal,  seperti bahasa yang digunakan, konsep video dan lainnya.

 

Kedua, Eksplor dan Rencanakan Pembuatan Video

Ketika Kamu ingin membuat konten Youtube yang keren dan menarik,kamu wajib melakukan eksplor terlebih dahulu. Bisa kamu lakukan dengan mempelajari trend konten, riset kata kunci, sampai kepoin kompetitor.

Supaya lebih mudah, gunakan tools untuk melakukan riset tersebut. Misalnya, dengan mengunakan Uber Suggest untuk riset kata kunci dan Google Trends untuk mengetahui topik yang sedang populer beberapa waktu terakhir.

Namun, saat melakukan riset kompetitor, kamu harus perhatikan bagaimana mereka menggunakan konten video untuk strategi marketingnya. Apakah berupa konten tutorial, testimonial, atau lainnya.

Jangan lupa cari tahu juga ya mengapa mereka memakai konten tersebut: apakah keterikatannya tinggi atau penjualan mereka yang meningkat?

Ketika hasilnya bagus, kamu tinggal melakukan ATM (amati, tiru modifikasi) dengan hasil lebih baik.

Selanjutnya, Kamu bisa mulai menggarap konsep konten dengan menggunakan storyboard, yaitu outline gambar dari video yang akan kamu buat. Dengan menggunakan storyboard, Kamu mengetahui gambaran setiap adegan dalam video sehingga proses take video bisa lebih cepat dan tepat.

 

Ketiga, Mengedit Video

Setelah melakukan pengambilan gambar yang sesuai storyboard, saatnya untuk mengedit video.

Kamu bisa melengkapi video dengan berbagai elemen. Contohnya, teks berupa alamat media sosial atau website, backsound musik yang mendukung, suara moderator untuk mengantar cerita dan lain sebagainya.

Pada saat ini, sudah banyak aplikasi edit video yang bisa membantu untuk proses editing video lebih mudah. Mulai dari aplikasi online sampai offline di desktop, baik untuk pemula maupun yang sudah expert. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kalau ingin yang lebih mudah lagi , Kamu bisa menggunakan template video, sudah banyak website yang menyediakan secara gratis. Misalnya Velosofy, Canva dan Biteable. Menggunakan template kamu bisa membuat intro,outro atau audio visualizer dengan praktis.

 

Keempat, Upload Video dan Optimasi SEO YouTube

Saat konten sudah jadi, waktunya untuk upload konten video. Namun sebelumnya, jangan lupa pastikan Kamu juga melakukan upaya optimasi SEO YouTube.

Salah satu cara optimasi yang bisa Kamu lakukan adalah menyisipkan kata kunci yang tepat pada beberapa tempat. Misalnya, pada judul, di deskripsi dan tag konten YouTube.

Kalau menerapkan SEO, video Kamu bisa muncul paling atas di halaman pencarian YouTube. Otomatis jadi lebih mudah konten kamu ditemukan dan banyak yang menonton.

Nah, jika tujuan konten Kamu adalah meningkatkan brand awareness, maka akan sangat terbantu dengan optimasi itu. Untuk memastikannya, Kamu bisa memanfaatkan YouTube Analytics agar mengetahui performa video tersebut.

 

Kelima, Promosikan Konten YouTube

Saat konten yang sudah diupload ke YouTube jangan dicuekin dan dibiarin begitu saja, ya. Apalagi kalau jumlah viewersnya tidak ada perubahan alias  masih jalan di tempat. Artinya, Kamu perlu promosikan konten Youtube tersebut.

Bisa dibayangkan , saat ini ada lebih dari 37 juta Channel Youtube yang bisa merebut hati audiens. Kalau tidak di promosikan bisa-bisa konten kamu tenggelam di lautan konten lainnya.

Tapi jangan khawatir, ada banyak kok cara mempromosikan video Youtube. Mulai dari membuat playlist, promosi gratis dari Youtube, mempromosikan ke media sosial, atau dengan cara mengiklankan video tersebut.

Dengan cara mempromosikan ini, viewer dan subscriber channel YouTube Kamu bisa semakin banyak.

Nah, itu dia 5 tips membuat konten Youtube bagi pemula yang bisa Sahabat Inspirasi praktekkan, Tertarik untuk menjadi seorang Conten Creator?

 

Continue Reading

Inspirasi Marketing

5 ALASAN MENGGUNAKAN LANDING PAGE DALAM BISNIS ONLINE

Published

on

Sudah menjadi rahasia umum jika landing page adalah senjata tempur untuk para pembisnis online dimana pun mereka berada. Ada pepatah mengatakan ”Jangan pernah memulai kampanye marketing tanpa sebuah dedicated landing page”

Bagi kamu yang belum mengetahu apa itu Landing page adalah halaman dalam website yang di desain khusus dengan mindset marketing. Halaman inilah yang akan ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar.

Diantara banyak alasan yang masuk akal, ada 5 alasan utama mengapa Kamu harus menggunakan Landing Page untuk bisnis. Yuk, simak ulasannya sebagai berikut !

 

Landing Page akan melakukan filter konsumen Anda.

Bagi setiap pengunjung yang rela mengklik pada link menuju landing page Kamu, baik itu melalui social media, paid ads maupun banner ads lainnya memiliki 2 kemungkinan yaitu: pengunjung tersebut tertarik kepada penawaran yang Kamu berikan dan mereka tidak terlalu gaptex untuk melakukannya.

Namun secara tidak langsung, Kamu akan melakukan filter kepada untargeted visitor dan pengunjung yang malas mengunjungi landing page, yang biasanya juga malas melakukan hal lainnya.

 

Landing Page menaikkan effektifitas iklan berbayar

Sebuah iklan berbayar biasanya ditautkan pada sebuah link. Jika Kamu tidak mempunyai  landing page, Kemudian mau diarahkan kemana klik tersebut?

 

Landing Page dapat menjaga bisnis online tetap buka selama 24 jam.

Jika kamu tidak memiliki Landing Page, Apakah bisnis online itu tetap buka 24 jam? Apakah bisnis Kamu tetap buka ketika Kamu jalan-jalan atau tidur? Tentu saja tidak. Tanpa Landing Page, Tidak akan penah ada yang namanya bisnis sambil tidur, bisnis otomatis, atau bisnis 24 jam.

Nah, jika Kamu menggunakan Landing page, bisnis Kamu bisa terus buka selama 24 jam dan bisa diakses semua orang yang ada di dunia. Kamu tidak  perlu capek-capek  menjelaskan berulang-ulang karena semua hal sudah ada di landing page yang kamu buat. Dengan adanya tambahan autoresponder atau shopping cart , saat ini kamu bisa dapat uang sambil tidur.

 

Landing Page terbukti mampu meningkatkan konversi penjualan hingga 80%

Karena bagiannya yang cukup spesifik (dedicated), tidak heran jika sebuah landing page mampu meningkatkan konversi apa pun sesuai dengan goal yang diinginkan, mulai dari sales hingga leads capture. Sebuah studi dari eyeviewdigital.com menunjukkan bahwa landing page dengan menggunakan video dapat meningkatkan konversi penjualan hingga 80%.

Banyak perusahaan yang mengungkapkan kehebatan dari landing page, salah satunya adalah perusahaan bernama Omniture, Mereka mengungkapkan bahwa dengan menggunakan landing page konversi penjualan bisa naik hingga 25%.

Maka tidak jarang bagi mereka yang berprofesi sebagai internet marketer sekarang menggunakan landing page sebagai medianya.

 

Landing page membuat pengunjung tercatat dan dapat dianalisa dengan mudah.

Jika Kamu menggunakan Landing page memungkinkan Kamu meletakkan site counter, pixel  dan lain sebagainya untuk melakukan banyak hal. Kamu juga dapat mengetahui jumlah pengunjung, asal pengunjung, durasi kunjungan dan lain sebagainya dengan mudah. Dan yang paling penting, Kamu dapat melakukan penargetan ulang kepada pengunjung .

Nah, itu dia 5 alasan dan keuntungan ketika Kamu menggunakan Landing Page untuk bisnis online, Bagaimana tertarik untuk membuat Landing Page untuk bisnis kamu?

Continue Reading

Trending