Connect with us

Inspirasi UMKM

5 CARA SUKSES DALAM BISNIS FASHION

Published

on

Saat ini banyak sekali peluang yang bisa dijadikan sebagai bisnis, baik bisnis untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Salah satu bisnis yang tidak ada matinya yaitu bisnis fashion .
Jika bisnis kuliner sudah banyak dilakukan orang dan memiliki jumlah pesaing yang cukup besar, maka kamu perlu mencoba memulai bisnis yang satu ini .

Kemudian bagaimana cara untuk memulai bisnis tersebut? Nah, Ini beberapa cara untuk sukses dalam berbisnis fashion. Yuk, simak ulasan berikut ini!

 

Pertama, Tentukan Pelanggan

Sebelum kamu memulai bisnis fashion ini , cara pertama yang harus dilakukan adalan menentukan terlebih dahulu pelanggannya. Menentukan pelanggan bertujuan untuk memfokuskan produk yang akan dijual.

Dengan menentukan pelanggan di awal memulai bisnis, kamu dapat lebih mudah dalam proses pemasaran dan menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan. Sebaliknya, jika kamu tidak menentukan secara pasti siapa pelanggan kamu, maka kamu akan sulit menentukan pemasaran dan produk yang ingin dipasarkan.

 

Kedua, Mengikuti Trend

Ketika kamu menjalankan bisnis fashion agak sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya. Karena pelanggan akan terus mengikuti trend yang sedang berkembang saat itu.

Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis fashion kamu perlu memperhatikan trend apa yang sedang berkembang. Jadi untuk kamu jangan terlalu banyak menumpuk stok produk jika belum memiliki banyak pelanggan. Jadi jika kamu ingin membuka bisnis fashion ini harus mengikuti trend mode yang sedang banyak dicari pelanggan dan gunakan trend sebagai indicator produk yang harus dicermati.

 

Ketiga, Strategi Pemasarannya harus Tepat

Sama dengan menjalankan bisnis lain, dalam bisnis fashion, kamu juga perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Kamu dapat mempromosikan produk dengan menggunakan online atau offline.

Banyak para pengusaha fashion yang membuat grup pada social media yang berisi target pelanggan dan memposting gambar produk pada grup itu. Cara ini cukup efektif jika kamu sudah meminta izin terlebih dahulu dari target market yang bersangkutan tersebut. Dan jangan sampai target market kamu merasa terganggu karena postingan gambar produk yang kamu posting secara terus-menerus.

 

Keempat, Membuka Toko & Memberikan Diskon

Cara selanjutnya dalah membuka toko,baik itu online maupun offline kamu harus memilikinya sebagai tempat transaksi bisnis. Jika kamu belum mampu atau belum cukup modal untuk membuka toko yang besar, maka mulailah dari toko kecil namun menarik.
Kamu perlu menggunkan kreativitas utuk mendesain toko-mu. Toko yang menarik akan lebih banyak dilihat oleh calon konsumen tentunya mendatangkan banyak pembeli. Hal ini berlaku baik untuk toko online maupun offline kamu.

Siapa sih yang gak suka diskon ? Apalagi wanita dalam mencari kebutuhan fashion. Maka dari itu, cobalah sesekali memberikan diskon kepada para pelanggan agar mereka lebih sering membeli produk kamu dan menjadikan mereka lebih loyal. Berikanlah diskon di hari-hari tertentu, misalnya saat hari belanja konsumen, hari belanja nasional, potongan harga di saat ulang tahun, dan lain sebagainya.

 

Kelima, Melakukan kerjasama dengan Influencer/Buzzer

Untuk kamu yang ingin memperkenalkan produk fashion yang di jual, kamu perlu bekerjasama dengan influencer atau buzzer dengan profesi sebagai model maupun publik figure. Cobalah kamu minta model atau publik figur untuk mengenakan produk tersebut dan mempostingnya melalui sosial media bisnis kamu maupun sosial media mereka sendiri. Hal ini tentu membuat promosi bisnis kamu lebih menarik. Jadi, jika sebuah fashion item dikenakan oleh orang yang terkenal, maka akan ada banyak orang yang akan menginginkannya. Dengan begitu, bisnis kamu akan berjalan secara lancar.

Nah , bagi kamu yang ingin sukses pada bisnis fashion, kamu harus bisa menerapkan bisnis diatas. Setelah menerapkan semuanya, kesuksesan akan semakin dekat dan kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses.
Namun yang harus dipahami, bahwa kesuksesan dalam usaha akan selalu berkaitan erat dengan masalah keuangannya. Jadi sangat mustahil bagi seorang pengusaha untuk memiliki cara atau strategi apa saja dalam bisnis jika tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan untuk mendukung strategi tersebut.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi Tips

10 tips yang dapat membantu UMKM membangun branding yang kuat

Published

on

Pentingnya branding bagi UMKM tidak dapat disangkal. Branding yang kuat dapat membantu UMKM untuk membedakan diri dari pesaing dan menarik pelanggan yang lebih banyak. Namun, bagaimana membangun branding yang efektif untuk UMKM? Berikut ini adalah 10 tips yang dapat membantu UMKM membangun branding yang kuat:

1. Membuat logo yang unik
Logo adalah simbol yang mewakili UMKM Anda. Logo yang unik dapat membantu UMKM Anda terlihat lebih profesional dan mudah dikenali. Pastikan logo Anda mudah dibaca dan memiliki warna yang menarik.

2. Menjaga konsistensi brand
Konsistensi dalam branding dapat membantu memperkuat citra brand UMKM. Pastikan brand Anda konsisten dalam segala hal mulai dari warna, tipografi, gaya visual, hingga suara yang digunakan dalam iklan.

3. Membuat narasi brand
Buatlah narasi brand yang menarik dan mudah diingat. Dengan narasi yang jelas dan menarik, pelanggan akan lebih mudah mengingat UMKM Anda dan memilih Anda daripada pesaing Anda.

4. Memiliki website yang user-friendly
Website yang mudah dinavigasi dan responsif dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan membangun kepercayaan pelanggan pada UMKM Anda. Pastikan website Anda mudah diakses dari perangkat mobile dan desktop.

5. Memiliki presence di media sosial
Buatlah akun media sosial untuk UMKM Anda. Dengan media sosial, Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan, membangun hubungan, dan mempromosikan produk Anda secara efektif.

6. Memiliki strategi konten yang efektif
Konten adalah kunci untuk membangun brand awareness. Buatlah konten yang menarik dan relevan dengan produk Anda, dan pastikan konten Anda teratur dan konsisten.

7. Membangun partnership
Membangun partnership dengan perusahaan lain dapat membantu memperluas jangkauan UMKM Anda. Carilah mitra yang sejalan dengan visi dan misi UMKM Anda.

8. Memberikan pelayanan yang memuaskan
Pelayanan yang baik dapat membantu memperkuat citra brand UMKM Anda. Pastikan tim Anda selalu ramah dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

9. Menyelenggarakan event
Event dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membangun hubungan dengan pelanggan. Selenggarakan event yang relevan dengan produk UMKM Anda.

10. Menjaga reputasi online
Reputasi online sangat penting dalam membangun branding UMKM. Pastikan UMKM Anda memiliki review positif di platform online seperti Google, Yelp, dan TripAdvisor.

Demikianlah 10 tips yang dapat membantu UMKM membangun branding yang kuat. Dengan mengikuti tips-tips di atas, UMKM Anda dapat memperkuat citra brand, menarik pelanggan, dan tumbuh secara signifikan.

Continue Reading

Inspirasi Tips

cara mempromosikan produk UMKM melalui website

Published

on

Bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan salah satu pilar utama ekonomi Indonesia. Bisnis UMKM sangat beragam dan meliputi banyak sektor, mulai dari industri kreatif, kuliner, fesyen, hingga pertanian. Meski begitu, masih banyak UMKM yang belum mampu berkembang dan bersaing dengan UMKM lainnya.

Untuk itu, penting bagi para pelaku UMKM untuk melakukan optimasi SEO dan memperhatikan penggunaan long tail keyword yang tepat. Long tail keyword sendiri adalah kata kunci yang lebih spesifik dan detail yang diarahkan pada target pasar yang lebih spesifik pula.

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan optimasi SEO pada website UMKM:

1. Menentukan kata kunci yang relevan

Sebelum membuat konten, pertama-tama tentukan kata kunci yang relevan dan sesuai dengan bisnis UMKM Anda. Gunakanlah alat bantu keyword research untuk mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna. Setelah menemukan kata kunci yang tepat, gunakan kata kunci tersebut pada judul artikel, meta deskripsi, dan teks konten.

2. Membuat konten berkualitas

Konten yang berkualitas menjadi salah satu faktor utama dalam optimasi SEO. Buatlah konten yang informatif dan bermanfaat bagi pengguna. Jangan hanya fokus pada kata kunci, tapi pastikan konten yang dibuat juga mengedukasi atau memberikan solusi bagi target pasar UMKM.

3. Memperbaiki kecepatan website

Kecepatan website adalah faktor penting dalam optimasi SEO. Pastikan website UMKM Anda memiliki kecepatan yang baik agar tidak membuat pengguna bosan menunggu website terbuka. Lakukan perbaikan pada website agar memiliki kecepatan yang baik.

4. Meningkatkan kualitas backlink

Backlink atau tautan balik adalah faktor penting dalam optimasi SEO. Backlink yang berkualitas akan meningkatkan peringkat website UMKM di mesin pencari. Untuk meningkatkan kualitas backlink, Anda bisa melakukan guest posting di website atau blog lain yang sejenis dengan bisnis UMKM Anda.

5. Meningkatkan interaksi di media sosial

Media sosial menjadi salah satu sarana promosi yang efektif untuk UMKM. Untuk meningkatkan interaksi di media sosial, pastikan konten yang dibagikan menarik dan relevan dengan target pasar. Berikan pula informasi mengenai produk dan promo menarik yang ditawarkan UMKM Anda.

Demikianlah beberapa tips untuk melakukan optimasi SEO pada website UMKM. Dengan melakukan optimasi SEO yang tepat, diharapkan bisnis UMKM Anda bisa bersaing di pasar yang semakin ketat.

Continue Reading

Inspirasi Figure

Kisah inspiratif dari Larry Page dan Sergey Brin Pendiri Google

Published

on

Larry Page dan Sergey Brin, dua orang yang dikenal sebagai pendiri Google, memiliki kisah inspiratif dalam membangun salah satu perusahaan teknologi paling sukses di dunia. Mereka memulai dari lingkungan universitas dan berhasil menciptakan sebuah perusahaan raksasa yang mengubah cara kita mencari informasi di internet.

Kisah awal karir Larry Page dan Sergey Brin di dunia teknologi dimulai ketika keduanya bertemu di Stanford University pada tahun 1995. Saat itu, mereka sama-sama sedang menempuh program studi PhD dalam bidang ilmu komputer. Meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, yaitu Page dari University of Michigan dan Brin dari University of Maryland, mereka memiliki kesamaan dalam minat mereka terhadap bidang teknologi dan komputer.

Pada saat itu, mesin pencari internet yang ada belum dapat memberikan hasil pencarian yang memuaskan. Page dan Brin pun memutuskan untuk menciptakan sebuah mesin pencari yang lebih baik dan dapat memberikan hasil yang relevan dan akurat bagi pengguna. Mereka mulai bekerja pada proyek tersebut di dalam kamar kos mereka, dengan menggunakan peralatan komputer yang terbatas.

Setelah beberapa waktu, Page dan Brin berhasil mengembangkan sebuah algoritma pencarian yang mereka sebut PageRank. Algoritma ini menggunakan sistem peringkat untuk menentukan hasil pencarian yang paling relevan dan penting. Dengan menggunakan teknologi ini, Google mampu memberikan hasil pencarian yang lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan mesin pencari lainnya yang ada pada saat itu.

Kesuksesan Google tidak terjadi secara instan. Page dan Brin harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dalam membangun perusahaan mereka. Salah satu tantangan terbesar yang mereka hadapi adalah bagaimana mengumpulkan dana untuk mengembangkan Google. Namun, mereka tidak menyerah dan terus mencari investor yang bersedia berinvestasi dalam perusahaan mereka.

Dalam beberapa tahun, Google tumbuh menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling sukses di dunia. Pada tahun 2004, Google meluncurkan penawaran saham perdana (IPO) yang sukses besar dan membawa perusahaan tersebut menjadi publik. Hingga saat ini, Google tetap menjadi salah satu perusahaan teknologi paling sukses dan berpengaruh di dunia.

Kisah inspiratif dari Larry Page dan Sergey Brin menunjukkan betapa pentingnya tekad dan ketekunan dalam mencapai tujuan. Mereka tidak hanya memiliki visi yang besar, tetapi juga mampu mengatasi tantangan dan rintangan dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan. Karena itulah, Google tidak hanya menjadi sebuah perusahaan yang sukses secara finansial, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Continue Reading

Trending